Smartphone atau ponsel cerdas adalah sebuah
ponsel yang mampu melakukan berbagai fungsi komputer, biasanya memiliki layar
yang luas dan sistem operasi yang dapat menjalankan berbagai aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur
canggih seperti surel (surat elektronik), internet
dan kemampuan membaca buku
elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun
dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil
yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.
Sementara itu
ternyata penjualan Smartphone di Indonesia cukup mencengangkan. Berdasar data
penelitian dari Mediacell, Indonesia menempati urutan nomor dua dalam 10 daftar
pasar yang mengalami pertumbuhan penjualan smartphone pada
tahun ini. Dilansir Phonearena, Rabu (15/1/2014), penjualan smartphone di Brasil akan mencapai 47 juta unit pada
tahun ini, di mana 38,2 juta unit merupakan dibeli oleh pengguna baru smartphone. Sementara Indonesia, akan ada 46 juta unit smartphone akan terjual dengan 22,9 juta unit di
antaranya dimiliki oleh pengguna smartphone baru
(Prayogi, 2014).
Dengan jumlah penduduk kelas menengah yang terus meningkat,
populasi ini tentu tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Melalui Blog ini saya akan memaparkan Penggunaan Aplikasi Smartphone
dalam Managemen PLN yang akan sangat membantu PLN menjangkau customer-nya, terlebih
lagi dalam hal kecepatan dan kemudahan. Hal ini dikarenakan Aplikasi dalam
smartphone dengan akses internet memiliki kelebihan dari sisi kecepatan karena
bisa diakses kapan saja dalam genggaman. Aplikasi ini saya namakan dengan PLN Apps. Desain aplikasi yang mudah dan simple
akan membantu pelanggan menemukan dengan segera layanan yang dibutuhkan.
PLN Apps
PLN Apps
adalah aplikasi smarthphone berbasis linux yang dapat dijalankan dibeberapa
sistem operasi mulai dari windows phone, android, iOs, hingga Blackberry.
Aplikasi ini akan menyuguhkan berbagai kemampuan untuk membantu pelanggan PLN.
Kemampuan yang dapat digunakan user seperti :
1. Info PLN
Info PLN berisi informasi seputar PLN mulai dari Profil perusahaan, struktur perusahaan, dan program-program yang sedang dijalankan PLN. Disini juga terdapat info tentang tarif listrik seperti berapa standart kWH/rupiah untuk pemakaian pelanggan. Melalui layanan ini pula, PLN bisa menampilkan kampanye positif untuk pelanggan seperti pogram PLN No Suap! yang telah berjalan. Apa yang ingin pelanggan ketahui tentang PLN dpat ditemukan disini.
2. Layanan PLN Pasang Baru
Merupakan layanan yang diberikan PLN kepada pelanggan untuk pemasangan listrik secara online. Disini pelanggan dapat mulai dari pendaftaran hingga mengecek status permohonan. Dari sini nanti pelanggan bisa mengisi data awal yang diperlukan seperti alamat dll. Pastinya dibutuhkan kehadiran pelanggan pada kantor PLN untuk proses llebih lanjut. Pengisian data secara online ini dapat membantu mempercepat proses administrasi yang diperlukan.
3. Token Listrik
Merupakan tempat dimana pelanggan bisa mengecek sisa kuota listrik di rumah, membeli token listik secara online sekaligus mampu untuk mengisikannya secara langsung. Pembelian bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan operator selular, atau secara langsung pelanggan mengisikan no token untuk mengisi listrik di rumah. Hal ini akan sangat membantu pelanggan yang kelupaan mengisi daya listrik tapi sedang berada di luar kota.
Informasi lain yang bisa didapatkan seperti :
• Jumlah energi listrik (kWH)) yang sudah terpakai selama ini
• Jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini (real time).
• Jumlah energi listrik yang masih tersisa.
4. Pengaduan dan Pelaporan PLN
Merupakan tempat dimana pelanggan bisa mengadukan permasalahan yang dialami, misalnya adanya padam listrik di rumah, meteran listrik yang bermasalah, atau token yang tidak mau masuk. Pengaduan secara online ini akan dapat memangkas waktu yang diperlukan pelanggan untuk menyampaikan keluhan dan juga mudah. Pelanggan tetap akan mendapat nomor antrian dan perkiraan pelayanan bisa dilakukan (antrian keluhan). Selain mengenai listrik, pelanggan juga bisa melaporkan bila ada pelayanan dari petugas yang kurang berkenan.
5. Tips dan Info
Melalui fitur ini, berbagai kampanye PLN dapat dimasukkan seperti kampanye untuk melakukan penghematan pemakaian listrik. PLN dapat memberikan berbagai info untuk menghemat pemakaian listrik seperti mencabut stop kontak dan lain sebagainya.
6. Hubungi Kami
Merupakan tempat dimana pelanggan bisa menghubungi PLN lewat cara lain seperti email, telepon dan lainnya. Di sini juga diletakkan alamat dan nomor telepon Kantor PLN seluruh Indonesia sehingga akan sangat membantu pelanggan saat dibutuhkan.
Info PLN berisi informasi seputar PLN mulai dari Profil perusahaan, struktur perusahaan, dan program-program yang sedang dijalankan PLN. Disini juga terdapat info tentang tarif listrik seperti berapa standart kWH/rupiah untuk pemakaian pelanggan. Melalui layanan ini pula, PLN bisa menampilkan kampanye positif untuk pelanggan seperti pogram PLN No Suap! yang telah berjalan. Apa yang ingin pelanggan ketahui tentang PLN dpat ditemukan disini.
2. Layanan PLN Pasang Baru
Merupakan layanan yang diberikan PLN kepada pelanggan untuk pemasangan listrik secara online. Disini pelanggan dapat mulai dari pendaftaran hingga mengecek status permohonan. Dari sini nanti pelanggan bisa mengisi data awal yang diperlukan seperti alamat dll. Pastinya dibutuhkan kehadiran pelanggan pada kantor PLN untuk proses llebih lanjut. Pengisian data secara online ini dapat membantu mempercepat proses administrasi yang diperlukan.
3. Token Listrik
Merupakan tempat dimana pelanggan bisa mengecek sisa kuota listrik di rumah, membeli token listik secara online sekaligus mampu untuk mengisikannya secara langsung. Pembelian bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan operator selular, atau secara langsung pelanggan mengisikan no token untuk mengisi listrik di rumah. Hal ini akan sangat membantu pelanggan yang kelupaan mengisi daya listrik tapi sedang berada di luar kota.
Informasi lain yang bisa didapatkan seperti :
• Jumlah energi listrik (kWH)) yang sudah terpakai selama ini
• Jumlah energi listrik yang sedang terpakai saat ini (real time).
• Jumlah energi listrik yang masih tersisa.
4. Pengaduan dan Pelaporan PLN
Merupakan tempat dimana pelanggan bisa mengadukan permasalahan yang dialami, misalnya adanya padam listrik di rumah, meteran listrik yang bermasalah, atau token yang tidak mau masuk. Pengaduan secara online ini akan dapat memangkas waktu yang diperlukan pelanggan untuk menyampaikan keluhan dan juga mudah. Pelanggan tetap akan mendapat nomor antrian dan perkiraan pelayanan bisa dilakukan (antrian keluhan). Selain mengenai listrik, pelanggan juga bisa melaporkan bila ada pelayanan dari petugas yang kurang berkenan.
5. Tips dan Info
Melalui fitur ini, berbagai kampanye PLN dapat dimasukkan seperti kampanye untuk melakukan penghematan pemakaian listrik. PLN dapat memberikan berbagai info untuk menghemat pemakaian listrik seperti mencabut stop kontak dan lain sebagainya.
6. Hubungi Kami
Merupakan tempat dimana pelanggan bisa menghubungi PLN lewat cara lain seperti email, telepon dan lainnya. Di sini juga diletakkan alamat dan nomor telepon Kantor PLN seluruh Indonesia sehingga akan sangat membantu pelanggan saat dibutuhkan.
Hal-hal yang perlu dipersiapakan :
- - SDM
Diperlukan
sumber daya manusia berupa teknisi yang mengetahui tentang teknologi komunikasi
dan informasi terlebih dalam hal aplikasi. Hal ini digunakan untuk mengakomodir
keperluan pelanggan yang bisa didapat melalui layanan dalam aplikasi.Teknisi
nantinya berguna untuk memperbaiki kekurangan atau masalah yang terjadi.
Sumber daya
manusia PLN sendiri dalam bagian pelayanan harus mampu mempergunakan komputer
yang nantinya akan tersinkronisasi dengan aplikasi ini.
- - Penunjang lain
Penunjang
lain seperti perangkat komputer yang tidak ketinggalan jaman sehingga dapat
mengakomodir kebutuhan aplikasi. Kemudian pastinya adalah internet yang lancar
sehingga selalu dapat diakses oleh pelanggan.
- - Peraturan
Legal etik
sangat penting disini untu mengatur bagaimana hak dan kewajiban pelanggan saat
menggunakan aplikasi ini. Begitu pula tentang hak dan kewajiban PLN.
- - Software
Bila pada
pelanggan terdapat aplikasi ini, maka pada institusi PLN terdapat software
sebagai pasangannya. Software dalam komputer yang simple dan mudah dioperasikan
akan sangat membanty.
Alur Pemanfaatan Aplikasi oleh User
Alur Pemanfaatan Aplikasi oleh User
Penutup
Di zaman yang semakin canggih ini, bila kita tidak mempersiapkan diri dan turut
ambil bagian maka kita akan tertinggal. Begitu pula dengan PLN, bila mau terus
maju maka juga harus mengikuti perkembangan jaman. Bila pihak perbankan sudah
memiliki m-banking sebagai aplikasi perbankan mereka, mengapa PLN tidak?.
Aplikasi ini akan sangat membantu pelanggan dalam mendapatkan pelayanan dan
pastinya akan meningkatkan citra PLN sebagai Perusahaan Negara yang Maju dan Berkembang.
Mari bermimpi bersama
Mari bekerja bersama
Mari bersama membangun matahari negeri ini
Selamat Ulang Tahun ke 69 PLN, Matahari di negeri ini.
Pustaka :
http://www.tempo.co/read/news/2014/09/05/058604764/398-Desa-di-Kalimantan-Tengah-Masih-Gelap-Gulita
http://www.dkabayan.com/aa/index.php?option=com_content&view=article&id=89:peresmian-listrik-desa-mandiri-ciptagelar&catid=25:biiteung&Itemid=2
Tulisan ini diikutsertakan dalam :
0 komentar:
Post a Comment