Monday, November 12, 2012

JAJANAN SEHAT



Makanan Jajanan (kudapan)::
Adalah makanan kecil atau kue-kue yang dikonsumsi di luar waktu makan yang tujuannya untuk menambah atau melengkapi kebutuhan zat gizi
Jajanan Sehat adalah jajanan yang tidak berbahaya/aman untuk dikonsumsi, serta memiliki kandungan gizi yang bermanfaat.

Kenapa Jajanan sehat sangat penting buat anak-anak sekolah??
Karena anak2 sekolah yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan gizi yang mampu menunjang  proses tumbuh kembang.


Panduan memilih jajanan sehat: 
1. Hindarilah makanan yang berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya. Misalnya, kerupuk yang berwarna merah muda menyala. Kerupuk seperti ini mungkin mengandung pewarna Rhodamin B yang biasa digunakan untuk pewarna tekstil dan kertas. Hal ini sangat berbahaya karna dapat menimbulkan kanker
2. Hindari makanan yang berasa terlalu tajam atau gurih. Terlalu banyak penyedap rasa MSG dipercaya dapat menyebabkan gangguan otak. Menyebabkan kebodohan bagi anak sekolah.
3. Cium aromanya. Jangan jajan makanan yang berbau apek atau tengik. Jajanan apek/tengik adalah jajanan yng sudah tidak layak konsumsi.
4. Amati komposisinya. Jika kalian jajan produk kemasan, perhatikan komposisinya. Pastikan kandungan makanan tidak berbahaya dan memili kandungan gizi yang baik.
5. Perhatikan teksturnya. Tekstur makanan bisa menandakan kesegaran makanan. Makanan yang sudah berubah warna, apalagi berjamur, menandakan produk yang sudah kedaluwarsa.
6. Perhatikan tempat produksi : apakah sudah bersih?? Tidak kotor dan tidak dikelilingi lalat atau binatang lain?

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes