Monday, February 6, 2017

3 Tips agar semaian Hidroponik anda berhasil




      Bagaimana cara menyemai agar berhasil?. Menyemai tidak semudah yang kita dengar, tinggal sebar benih lalu benih akan tumbuh. Ya tidak seperti itu juga. Mungkin akan tumbuh, tapi berapa lama? Baguskah kondisinya? atau mungkin tidak tumbuh sama sekali.

      Salah satu alasan saya membuat artikel ini, karena jangan sampai anda merasa depresi dulu karena semaian anda tidak seindah punya para master hidroponik,  Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan seed menjadi tanaman baru. 






















Ini adalah contoh semaian master Hidroponik yang juga dijuluki 'Ratu semai' khusus wilayah Malang. Ciri pertama dari hasil semaian yang baik adalah daun Tanaman tumbuh langsung setelah keluar dari Rockwool. Tidak ada jarak yang banyak antara Rockwool dengan daun muda tersebut. 

Mungkin anda agag bingung ya tapi lihat contoh berikut:


     Pada semaian saya diatas, ada beberapa hasil semai yang kurang baik yaitu kutilang (kurus tinggi langsing) karena kurang sinar matahari. Bisa dibandingkan antara tanaman kiri yang saya kasih tanda dengan yang kanan. Yang kiri mengalami kutilang. Batang tanaman agag tinggi. bandingkan dengan tanaman yang kanan dimana batang tanamannya pendek. Walaupun sebenarnya semaian saya diatas belum termasuk kutilang yang parah. Batang tanaman akan semakin tinggi bila sinar matahari tidak didaaptkan.
      Ciri kedua semaian yang baik adalah keseragaman hasil semai dan tidak kerdil. Seperti kita lihat pada semaian pertama diatas, hampir semua tanaman seragam dan bagus perkembangan daunnya. walaupun ada satu dua yang tumbuhnya kerdil.



Lalu bagaimana agar dapat menumbuhkan semaian yang bagus?

1. Kualitas Benih

    Jangan menangis dulu bila semaian anda tidak ada yang tumbuh, Mungkin ini karena benih yang tidak bagus, sudah rusak atau lainnya. Apa cirinya? yaitu semua benih anda tidak tumbuh, walaupun anda sudah mencoba menyemai kembali dengan benih yang sama. Coba ganti benih!. Saya sendiri juga pernah mengalaminya, dan ketika berganti benih, 2 hari langsung tumbuh benih saya. Sebelumnya saya menunggu hingga 1 minggu tidak ada yang tumbuh. 
benih

   Untuk benih bisa tersedia dalam kondisi satu paket seperti gambar dibawah yang biasane berisi lebih kurang 5gr dengan jumlah ratusan hingga ribuan benih dan harga puluhan ribu. Atau dalam bentuk re-packed seperti gambar diatas dengan harga yang lebih murah (5-10rbu) dengan jumlah benih puluhan hingga ratusan.

Benih kondisi packed. Berisi ratusan hingga ribuan benih.

         Kadang beberapa benih tidak dapat tumbuh karena kualitas yang buruk atau sudah kadaluarsa atau kondisi sudah tidak baik/rusak. Untuk amanya belilah yang masih kondisi packed, tapi tentunya harganya mahal dan jumlahnya banyak sekali. Saya mengakalinya dengan membeli bersama beberapa teman sehingga bisa dibagi-bagi.

        Cara menyimpan juga penting, simpanlah benih anda di dalam tempat yang kering dan tidak terkena matahari lansung. Ada juga yang menyarankan untuk menyimpan di lemari es, dengan plastik tentunya. yang pasti jangan sampai benih anda kena air karena akan rusak.

          Lalu jenis seed apa yang bagus? Banyak sekali jenis seed di pasaran. Banyak juga yang membuat sendiri (bukan pabrik). Boleh boleh saja anda mencoba namun tidak pasti kualitasnya. Dari beberapa pehidroponik yang saya tanya. katanya yang paling bagus adalah jenis RZ, dan paling mahal juga. Hal ini dikarenakan benihnya langsung berasal dari Indukan yang bagus, yang pertama. Sedangkan yang lain bisa dari keturunan kedua dan seterusnya. Semakin banyak turunan semakin turun juga kualitas hasilnya. Rz ini benih impor, lalu benih lokal apa yang bagus?. Saya tidak bisa berkata lebih bagus daripada yang lain karena belum mencoba, tapi dari beberapa pehidroponik menggunakan benih dari Known You Seed. Harganya tidak terlalu mahal, namun hasilnya cukup bagus. 


2. Sinar Matahari

      Nah ini adalah faktor yang menjengkelkan. Kenapa? karena faktor ini tidak dapat kita ubah. Kitalah yang harus berusaha mencari cara agar tanaman kita tetap tumbuh normal meski sinar matahari yang minim. Bila tidak ada sinar matahari atau kurang, maka tumbuhan anda akan tumbuh kutilang yang mana ini akan menghasilkan tanaman yang kurang baik. Penampakannya tidak akan sama dengan yang anda lihat selama ini di pehidroponik yang profesional seperti dibawah:









     Bila kita lihat hasinya bagus-bagus, daun tidak kecil dan memanjang tapi besar dan membulat. Tanaman yang kurang sinar matahari daunnya juga akan memanjang dan kecil, tidak lebar. Lalu kapan semaian mulai diberikan sinar matahari? Yaitu setelah benih berkecambah atau benih sudah pecah dan terlihat bakal tanaman baru yang berwarna putih. Anda tidak perlu menunggu tanaman menjadi lengkap sempurna tumbuh dahulu baru diberi sinar. Segera setelah benih pecah dan terlihat ada putihnya, maka semaian bisa ditempatkan di temapt yang terkena sinar matahari. Sebelumnya tempatkan semaian di tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari. Untuk jenis selada, bayam, kangkung biasanya selama 1-3 hari, sedangkan tomat dan cabai bisa mencapai satu minggu di tempat lembab sebelum benih berkecambah. 
     Sinar matahari sangat berpengaruh kepada pertumbuhan sayuran anda. Bila dalam satu minggu tidak ada sinar matahari mencukupi, maka sayuran anda akan terlihat jelek. Idealnya sayuran butuh panas mulai jam 8 pagi hingga jam 3 sore atau sekitar 7-8 jam. Tapi anda perlu hati-hati juga disini, tanaman yang masih kecil (mungkin 1 bulan kurang) tidak membutuhkan sinar matahari langsung yang menyengat. Beberapa bagian daun akan terlihat seperti terbakar, dimana penampakannyaa adalah daun layu bahkan sampai berubah warna dan mengering. Tergantung kondisi tempat anda menumbuhkan semaian. Bisa terlalu panas bisa juga tidak.

     Beberapa minggu sebelum penulisan artikel ini, sinar matahari sangat kurang sekali di tempat saya. Bahkan bisa satu hari mulai pagi hingga sore hujan saja atau mendung sekali. Hal ini membuat semaian saya kutilang semua. Akhirnya saya meniru ide salah seorang hidroponikers untuk membuat kotak yang terdapat lampu didalamnya. Intinya adalah agar lampu tersebut dapat sedikit menggantikan sinar matahari yang menghilang entah kemana hahaha. 

Jadi seperti ini : saya menggunakan 2 karton bekas aqua gelas. Satu karton di bawah untuk tempat semaian, satu karton lagi diatas untuk tempat lampunya.

















3. Kelembaban-Air

Benih membutuhkan tiga hal untuk dapat tumbuh: Air, suhu hangat dan lokasi yang bagus (tanah atau rockwool atau lainnya). Selama fase pembenihan ini, benih bergantung kepada cadangan pasokan makanan didalam benih sendiri sampai terdapat daun yang cukup besar untuk fotosintesis. Akar akan tumbuh kebawah sebagai jangkar tanaman berdiri, sedangkan daun akan tumbuh keatas mencari arah datangnya cahaya.




       Apa guna dari air? Air digunakan oleh benih untuk mengaktivkan enim yang bertugas memulai terjadinya perkecambahan.  Air yang cukup memastikan benih untuk tumbuh, namun terlalu banyak air juga bisa membuat benih menjadi busuk. Lalu bagaimana ukuran basahnya di rockwool? Yang penting rockwool terpegang basah, air tidak mengumpul didasar (rockwool tidak terendam air yang menggenang) saya kira sudah cukup. Basahi saja rockwool sampai terlihat basah semua. 

      Airnya arus air nutrisi AB-Mix atau tidak? untuk persemaian 1-3 hari saya pikir tidak perlu namun anda tetap bisa menambahkannya. Seteah daun terbentk sempurna, maka anda bisa secara teratur menyiramnya dengan air nutrisi karena fotosintesis sudah bisa dimulai. 



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan bila ada yang ditanyakan mari kita diskusi.

Terimakasih

52 komentar:

Unknown said...

Mantab pak, trima kasih sharingnya

antok said...

terimakasih atas kunjungannya, mari liat juga posting lainnya, sama-sama belajar mungkn ada masukan juga///

sion safety - toko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan said...

uraiannya sangata rapi dan mudah dimengerti. Terima kasih, pak.

sion safety - toko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan said...

kalau untuk selada, setelah pecah benih dialiri nutrisi berapa ppm ya biasanya, pak ?

TONO PURNOMO said...

kalo cahaya matahari kurang kan kita bisa ganti dengan lampu. nah lampu yg baik yg bagaimana apakah ada syarat? bukankah proses fotosintesis dari daun itu dibantu cahaya UV dari matahari. bagaimana uv dari lampu ?

Unknown said...

Trimakasih infonya kita masih gagal gara gara kutilang

antok said...

@Joe Carolina, biasanya untuk selada yang baru pecah dialiri PPM rendah dulu, sekitar 400-500ppm, nanti dinaikkan sampai 600-700an kalau sudah dewasa. Trimakasih

@Tono Purnomo, Yang saya coba pakai LED Philips pak, secara pribadi memang berbeda antara yang pakai lampu dengan yang tidak, yang pakai tambahan lED kurang kutilang sedangkan yang tidak pakai LED sangat kutilang....mungkin klo mau benar2 bisa menggantikan cahaya matahari pakai LED philis yang khusus untuk tanaman, setau saya adanya di toko online Luar negeri

@Muhammad Pagon, Sama2 pak,,,memang kutilang musuh awal yang menjengkelkan,,,kunci utamanya di matahari harus full pak segera setelah bibit pecah-bukan bibit tumbuh.

QnC Jelly Gamat Kapsul said...

Terimakasih informasinya Jelly Gamat Walatra G Sea

Jelly Gamat Walatra G Sea said...

Terimakasih Informasinya Walatra Gamat Emas Kapsul

Unknown said...

Numpang tanya ya Pak. Ppm dan ph berapa yang cocok untuk tanaman hidroponik?
Soalnya tanaman hidroponik saya kerdil

Unknown said...

Numpang tanya ya Pak. Ppm dan ph berapa yang cocok untuk tanaman hidroponik?
Soalnya tanaman hidroponik saya kerdil.

antok said...

@mada yogi, beda2 pak untuk ppm..tanaman sayur biasanya rendah sekitar 500-600 ppm saja....kalau tanaman buah bisa sampe 1000an ppm....klo pH aku belum pake indikator itu om, baru utek2 ppm aja...hehe

antok said...

tanamannya apa pak ya? kalau kerdil mungmin kurang nutrisi,,,kalau kurang sinar matahari dia malah emanjang,,,kecil2 tp

Anonymous said...

2 haru yang lalu baru semai cabe di metan sekam bakar + cocopeat. Sekarng dibungkus di plastik hitam dan diletakkan di tempat yang gelap. Setelah nanti dia berkecambah nanti diperkenalkan dengan matahari. Ciri2 sudah berkecambah itu bagaimana ya? Apakah saat dipermukaan ada berupa batang yg berwarna putih?
Terima kasih

antok said...

iya mas ciri-cirinya sudah ada batang putih, bila sudah kelaur segera saja kenakan matahari karna kalau tidak tanaman akan kurus meninggi...

Unknown said...

Permisi pak, apakah setiap penanaman harus bertahap ya untuk mengaliri tanaman dengan nutrisi?

antok said...

To pak akbar: disesuaikan dengan kemampuan/banyaknya lubang pak...supaya ketika panen tidak serentak...masih ada yang muda...ini nanti untuk kontinuiatas pakk...

tp ya tidak ada hubungannya dgn kualitas panen pak...mau serentak atau tidak pengaruh kualitas hasil panen

Unknown said...

Bagaimana cara mengatasi tanaman yg sudah terlanjur kurus meninggi? Apa ada solusinya?

antok said...

untuk pak Khotibul umam, tidak ada pak...semaian yang sudah kutilang tidak bisa kembali bagus...kalau untuk dijual sudah kurang bagus...tapi tentunya bila untuk dimakan sendiri tdak apa-apa....hasil daunnya akan memanjang dan kurus juga...

Unknown said...

terima kasih u informasinya, bagaimana mengatasi selada yang tidak tumbuh dengan tegak (robust) , tolong jelaskan penyebab dan solusinya.

Unknown said...

terimakasih ilmunya mas..oia kalau boleh tau hidroponic bisa ga d tanam di daerah dataran rendah..trus mas tempat tinggalnya di daerah mana mas??

antok said...

Pak Heru Widjaja : Mungkin bapak ada pengalaman yang ingin dishare pak? sya belum sampai kesana pak taunya,,,trimakasih,,,

Unknown : bisa mas didataran rendah yang penting ada sinar matahari, yang lebih berpengaruh mungkn kandungan uap air, contoh ditepi pantai...saya di Kepanjen, Kab. Malang

Harri Suryana said...

Luar biasa saya akan coba , thanks infonya

Unknown said...

Numpang tanya..
untuk tanaman kemangi, minimum ataupun idealnya terkena sinar matahari langsung berapa lama ya.
Pencahayaan sinar matahari langsung terbatas, berkisar kurang lebih hanya 2jam

Unknown said...

pak saya mau minta ilmu nya.
saya kan semai sudah berkecambah tapi tidak serentak berkecambah.60% yg berkecambah.apakah kita kenalkan saja langsung dengan matahari.

antok said...

pak surya: kalau sepengetahuan saya, untuk cahaya langsung minimal 4-6jam pak untuk hasil yang bagus. dibawahnya biasaya kurang bagus, tapi kembali lagi untk apa produksinya, kalau untuk kebutuhan sendiri ya tidak apa-apa pak,,,kalau untuk produksi jual ya bagusnya 6-8 jam..

Untuk kecambah 60%, sebaiknya langsung saja pak dikenalkan amtahari, kalau tidak kutilanng nanti, sisanya 40% bisa menyusul berkecambah kalau benihnya memang bagus, biasanya rate kecambah rata2 memang sekitr 70% pak..

Unknown said...

Boleh juga idenya pak, nanti dicoba soalnya semaian saya juga padat kutilang semua ternyata ada solusinya ini.. Ilmu baru, pengetahuan baru hehe

Unknown said...

Maaf mau tanya pak...klo di musim pghujan tidak ada simat bagaimana untuk tanaman yg udah setengah dewasa apa mempengaruhi juga tumbuhan jadi kutilang?mohon infonya pak makasih

Unknown said...

to Yhunan : kalau sudah stengh dewasa tidak terlalu banyak berpengaruh...masa panennya saja yang akan memanjang,,bila harusnya bisa panen dalam 4-5 minggu,,,mungkin bisa 6-7 minggu (dengan kondisi tanaman yang sama besar)

Dhiankha said...

Terminal kasih informasi nya oom. Oiya oom sy mau Tanya, simat lsg ditempat sy sangat kurang, paling hny sampai jam 9 pagi Saja. Dikarenakan Banyak bangunan tinggi dan pohon2. Selebihnya ya hanya kena Hawa nya Saja tp simat nya tidak. Apa yg hrs sy lakukan oom? Terima kasih

mediajauhari said...

Mau nanya pak,, kalo rockwoll setelah pindah tanam ada tumbuh lumut bagaimana mengatasinya ya?. Apa dihilangkan lumutnya secara manual?.kondisi lumut masih tipis2..

mediajauhari said...

Mau nanya pak,, kalo rockwoll setelah pindah tanam ada tumbuh lumut bagaimana mengatasinya ya?. Apa dihilangkan lumutnya secara manual?.kondisi lumut masih tipis2..

Unknown said...

Saya menyemai cabai keriting di dalam bakul kecil yang usia nya -+ 1minggu yang sudah mulai menampakkan daun nya kemudian saya letakkan di bawah sinar matahari langsung,lalu bibit cabai tersebut nampak layu.. apakah nanti nya bibit tersebut akan mati ??? Terima kasih

Jimmy Febriyanto said...

Terimakasih infonya..saya baru nyoba hidroponik..menyemai benih langsung gagal tidak seindah d youtube

Unknown said...

Ternyata sy slah uhuk.... Uhuk... Uhuk... Tp g boleh kecewa. Terus mencoba.

Unknown said...

Kalau benih umur kurang 1 bulan harus brp jm kena sinar matahari lgsg?

Unknown said...

Semain saya kok jadi seperti toge,jadi kecil memanjang. Knp yah

Unknown said...

Pak maaf kalo kita lansg diletakan ditempat terbuka tidak menggunakan atap spt plastik UV apakah bisa?

Unknown said...

Mantap bang aq juga musim hujan jadinya kutilang, jadi aq mau bayarlah utang matahari yg hilang dgn bikin lampu juga kaya abang agar semaiq kaga ngambek dan pucat hingga ke kuningan.

Wkkwkkkkkk

Unknown said...

Kenapa yaa semai sawi kriting/samhong king tidak tumbuh,,,dan yg tumbuh hnya beberapa saja,,,padahal penyemaian ckup bnyak,,yang tumbuh hnya beberapa/tumbuh yaa tidak sampai setengah

Info CPNS said...

Sangat-sangat jelas penjelasannya.

Unknown said...

Trims,sangat sangat bagus dan saya akan mencobanya.

Unknown said...

Makasih..infonya..

Berbagai Info said...

saya juga sedang menanam selada, cuman tekniknya tidak dengan menggunakan hidroponik, karena di sekitar rumahku masih ada tanah kosong yang bisa ditanami berbagai macam sayuran. disamping juga nggak ada dananya kalau sy harus beli banyak sekali pipanya

Unknown said...

Untuk semai itu kena matahari langsung ap secukupnya y pak?🙏🙏🙏

roselover said...

Terima kasih sharingnya mas...

antok said...

semai justru tidak kea matahari, 2-3 hari didalam rumah saja...baru setelah tumbuh daun dikasih tempt yg ada matahari..

iya pak sebenarnya cuma beda media aja, hanya saja kalau tanah pastinya banyak hama biasanya...

untuk penyemaian yg hanya tumbuh beberapa, coba ganti benihnya, biasanya benihnya sudah rusakk

diempatkan ditempat terbuka tanpa plastik UV bisa saja, masalahnya kalau hujan pasti kebanjiran nutrisi yg ada di pipanya,,,

Kian Shu said...

wah ternyata sama2 kepanjen.... boleh dong main2 kesana berguru... saya pingin belajar hidroponik, tapi bingung memulai dari mana.. di YouTube terlalu banyak informasi yang malah bikin blur bagi yang cupu seperti saya... hehehe

Afifah said...

Tanya pak...
Apakah sama sinar matahari pagi sama sore.soalnya dirumahku kalo pagi sinar mataharinya ketutup rumah..jadi cuma sore dan setengah siang aja sinmatnya kena.

Vero said...

Setelah pecah benih saya taro di sinar matahari dan siram tp setelah sore kenapa pada keriting dan layu ya Pak?

antok said...

Pak Afifah : Berbeda pak,,,sinar pagi yg dibutuhkan tanaman, karena ada UVnya, sinar sore terasa kurang cahayanya....panasnya masih terasa sampai jam 2an...lebih jam 3 seringkali tidak optimal tumbuhnya...

Mba vero : menyiramnya apa hanya sekedar siram? karna untuk bibit yg masih d rockwol harus benar2 basah...

IRWANTO said...

Sy semai di rockwool ...udh tumbuh dlm 3 hari berapa hari sy boleh pindah ke netpot ya ?

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes