Wednesday, February 8, 2017

Pengaruh Sinar matahari pada Selada Hidroponik



Gag ada uang abang tak disayang

Gag ada sinar matahari, adek tak berkembang.


       Sinar matahari menjadi kunci penting pertumbuhan tanaman Hidroponik. Tentu saja semua tanaman membutuhkan sinar matahari. Namun terlebih lagi bagi tanaman hidroponik, sinar matahari menjadi hal yang sangat penting. Contoh saja tidak seperti tanaman pisang atau ketela pohon yang dapat bertahan dengan baik saat cuaca kurang sinar matahari, kalau selada dan tanaman hidroponk lainnya akan terlihat jelas akibat kekurangan sianr matahari. Yaitu batang tanaman yang memanjang dan daun yang kecil tidak melebar.

        


      Foto diatas merupakan contoh selada yang juga kurang sinar matahari atau simat. Walaupun amsih ada yang lebih parah dari ini. Semakin selada tidak mendapatkan sinar matahari, semakin daunnya akan memanjang bukan melebar.


      Berbeda dengan foto ini, dimana daun terlihat jauh lebih melebar dengan panjang daun yang sama. Tapi selada inipun saya kira belum termasuk hasil yang optimal. Lalu bagaimana yang optimal.


       Nah coba lihat yang ini, Daun seladanya selain panjang, lebar dia juga benar-benar banyak hingga melengkung seperti di foto, Inilah selada yang kualitas optimal. Walaupun tentu saja ada faktor benih dimana di dalam foto ini pasti menggunakan benih yang berkualitas pula. 

     Intinya adalah Matahari sangat berpengaruh terhadap tanaman hidroponik. Pada selada, semakin lama terkena matahari akan semakin baik. Daun selada benar-benar tidak akan bertambah besar selama tidak ada sinar matahari. Tapi juga bukan berarti selada membutuhkan sinar matahari terik. Tidak!. Selada membutuhkan cahaya matahari yang lama hingga 8 jam/hari untuk dapat tumbuh optimal.  Jadi upayakan selada anda benar-benar mendapat cahaya matahari yang lama, bukan terik. Lebih baik mendapatkan cahaya matahari yang lama daripada menggunakan benih berkualitas atau nutrisi premiun tapi tidak ada sinar matahari. 

7 komentar:

padin said...

Berapa lapis paranet untuk selada yang kena terik matahari

khusnul W. D said...

Maksudnya tidak terik itu gmna?

antok said...

terik itu cerah sekali sampai kita merasa panas mas,,,,biasnaya malah gosong daunnya...

paranet satu lapis saja cukup spertinya,,,,

Unknown said...

Mas klo selada yg terkena sinar matahari mulai jam 10 sampai sore.apa bagus buat selada..

antok said...

semakin lama kena sinar matahari semakin bagus

Unknown said...

Berapa persen kerapanan paranet untuk selada? Rekomendasinya?

Unknown said...

Terima kasih atas informasi ini saya baru mulai belajar tanam selada namun pertumbuhan lambat dan etiolasi, semoga dengan ilmu ini selada dapat berkembang baik. Terima kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes