Tuesday, November 26, 2013

Tips memilih ponsel Android menengah 2-3 juta

Saat ini perkembangan pasar ponsel terus tumbuh. Tiap hari kita dapat melihat penawaran iklan dari berbagai vendor untuk membeli produk mereka. Mulai dari iklan di televisi, koran, majalah dan berbagai media masa lain seperti facebook dan twitter.  Tentu kita melihat berbagai penawaran dan fitur unggulan yang ditawarkan. Belum lagi dengan harga yang ditawarkan. Tak jarang vendor memberikan harga murah untuk ponsel dengan kualitas baik.

Perkembangan ini tentunya membingungkan bagi kamu yang sedang ingin membeli ponsel. Apakah standart kemampuan dari sebuah ponsel dari rentang harga yang kita inginkan. Kali ini kami memberikan tips kepada anda yang sedang ingin memilih ponsel dengan rentang harga 2-3 juta atau kelas menengah.


Tips memilih ponsel Android menengah 2-3 juta



1.       Sistem Operasi
Rata-rata ponsel baru kelas menengah saat ini sudah mengadopsi sistem operasi 4.0 Ice Cream Sandwich. Walaupun beberapa ponsel masih menggunakan OS 3.2 GingerBread, pastikan terdapat update OS untuk ponsel tersebut ke OS Ice Cream Sandwich.
Sedangkan untuk sistem terbaru saat ini adalah OS 4.1 Jelly Bean. Sistem ini baru saja meluncur beberapa bulan lalu dan amsih diperuntukkan untuk smartphone kelas atas.
Beberapa fitur kelebihan Ice cream sandwich dibanding Gingerbread
-          New User Interface
-          Multitsking
-          Recent Update
-          Face Unlock
-          Perintah Suara
-          Built ini foto editor
-          Font roboto.


2.       Kemampuan Processor
Kemampuan procesor sangat menentukan kinerja ponsel. Apalagi untuk saat ini, ponsel pintar yang disematkan berbagai kemampuan dan aplikasi membutuhkan procesor yang mumpuni. Semakin besar processor yang dibawa, maka akan semakin baik kinerja ponsel.
Untuk saat ini minimal sebuah ponsel kelas menengah sudah memiliki Processor 1 GHZ. Beberapa ponsel memiliki processor 1,4-1,5 GHz dan bahkan ada ponsel kelas menengah yang memiliki processor dual-core 1GHz atau sama dengan kemampuan processor 2 GHz.
Anda perlu jeli dan pintar memilih kemampuan processor ini. Terkadang sebuah ponsel menawarkan kemampuan processor tinggi, namun fitur/kemampuan lain rendah atau dikorbankan. Perhatikan juga kemampuan lain ponsel selain Processor.

3.       Layar
Layar juga sangat berperan penting dalam kebutuhan ponsel saat ini. Karena tidak seperi jaman dulu, ponsel saat ini tidak hanya diperlukan untuk mengirim  sms atau panggilan telepon saja. Tapi juga kemampuan multimedia seperti bermain game, internet dan memutar video.
Ukuran standart layar ponsel kelas menengah saat ini adalah 3,5 inci. Rata-rata ponsel menengah lain memiliki ukuran 3,7-4 inchi.
Selain ukuran, anda juga harus memastikan ukuran piksel yang dibawa. Ukuran piksel standart layar ponsel saat ini adalah 480x800 piksel. Beberapa ponsel memang masih menggunakan ukran 320x480., dan kualitasnya jauh lebih rendah daripada yang 480x800 piksel. Diatas ukuran ini, misalnya ukuran 700x1000 piksel biasanya sudah diperuntukkan bagi ponsel kelas atas. Yang jelas, semakin tinggi ukuran piksel yang dibawa, akan semakin jernih layar dalam menampilkan gambar atau video.

4.       RAM dan Kamera
RAM dan Kamera merupakan fitur penunjang penting. Tidak terkecuali RAM sangat bergandengan dengan kemampuan Processor. Semakin tinggi RAM dan Resolusi kamera yang dibawa maka akan semakin baik.
Ukuran standart RAM ponsel kelas menengah adalah 512 MB. Bila RAM yang dimiliki rendah, maka kinerja ponsel akan berat dan lambat atau lemot. Beberapa ponsel sudah memiliki RAM sebesar 600-700 MB. Ukuran RAM 1 GB masih diperuntukkan untuk ponsel kelas atas. Hanya pastikan ponsel menangah incaran anda tidak memiliki RAM dibawah 500 MB.
Kualitas Kamera tentunya sangat menunjang aktivita kita saat ini. Terutama bagi kamu yang senang upload foto ke Social Media. Kamera dengan kualitas 5 MP sudah menjadi standart saat ini, pastikan juga terdapat kamera depan dengan kualita minimal VGA. Kamera depan memungkinkanmu untuk ber-video-chatting seperti skype atau melakukan panggilan video.
Satu fitur kamera penting lainnya adalah Flash. Jangan lupa untuk mengecek keberadaan fitur ini, karena terkadang fitur ini ditiadakan untuk menekan harga jual.

5.       Baterai
Tidak ayal lagi baterai sudah menjadi masalah ponsel pintar saat ini. Hampir semua pengguna mengeluh tentang daya baterai yang cepat habis. Selain berbagai tips dan triks untuk menghemat baterai, ukuran baterai sendiri menjadi penting.
Baterai untuk ponsel kelas menengah yang sudah memiliki berbagai kemampuan dan aplikasi sebaiknya minimal 1500 mAh. Beberapa ponsel kelas menegah memang masih menggunakan baterai berukuran 1300 mAh. Tapi keputusan bijak apabila anda memilih yang 1500 mAh atau lebih.

6.       Fitur

Tidak seperti ponsel kelas bawah yang memiliki fitur standart, kelas menengah biasanya sudah dilengkapi beberapa fitur spesial. Beberapa fitur standart untuk kelas menengah sepeti kemampuan WiFi, port untuk Eksternal SD card, Flash untuk kamera, kamera depan, GPS untuk Maps dan aplikasi lain, Blueetooth dll. Cek juga kemampuan fitur spesial yang dibawa. Cobalah tanyakan kepada dealers saat anda membelinya.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes