Tuesday, November 26, 2013

‘PHABLET’.

Teknologi semakin berkembang dan kita semua merasakannya. Berbagai penemuan dan alternatif diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Dulu kita hanya mengenal ponsel dan komputer. Lalu muncullah Laptop yang dapat dibawa kemana-mana. Tidak hanya berhenti disitu, dunia teknologi mendefinisikan lagi laptop yang lebih tipis dan dapat dibawa kemana-mana dengan mudah dan diciptakanlah Tablet. Tablet menjadi kegemaran tersendiri saat ini. Dan sekali lagi dunia teknologi terus berkembang dan menciptakan alat yang bernama ‘PHABLET’.


Apa itu Phablet? Phablet merupakan istilah gabungan dari Phone (ponsel) dan Tablet. Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita akan bahas sedikit mengenai Tablet dan Ponsel sebagai cikal bakal Phablet.
Tablet adalah device atau Gadget yang mempunyai antarmuka berupa layar sentuh dan biasanya berukuran mulai dari 7 inchi hingga 10 inchi. Biasanya tablet tidak memiliki kemampuan untuk menelepon atau berkirim sms. Contoh tablet yang populer seperti iPad dan Samsung Galaxy Tab.


Sedangkan Phone/smartphone adalah ponsel pintar yang tidak hanya memiliki fasilitas SMS atau telepon, tapi juga internet dan multimedia. Ponsel memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang kecil berukuran 3 inchi sampai ukuran besar yaitu 5 inchi.
Kembali ke awal, Phablet merupakan gabungan dari Phone dan Tablet. Jadi Phablet merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan sebuah device atau gadget yang mengkombinasikan kemampuan dari tablet dan Smartphone. Phablet biasanya berukuran lebih kecil dari Tablet umumnya, namum berukuran lebih besar dari ponsel. Ukurannya bervariasi dalam rentang 5-7 inchi.


Phablet memiliki fitur yang tidak terdapat pada beberapa tablet yaitu mengirim sms dan panggilan telepon, dan memiliki ukuran layar yang cukup besar untuk sebuah ponsel. Salah satu ciri dari phablet, walau tidak mutlak, adalah adanya ‘stylus pen’ yang bisa digunakan untuk membuat sketsa atau tulisan pada phablet.

Adapun gadget yang pertama kali dianggap sebagai phablet adalah Dell Streak yang keluar pada tahun 2010. Contoh phablet yang sedang ada di pasar saat ini seperti Samsung Galaxy Note,  LG Optimus Wu dan Panasonic Eluga Power. Kata ‘Phablet’ sendiri untuk pertama kalinya digunakan pada situs teknologi Engadget dan Forbes.


0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes