Wednesday, October 19, 2016

Bukan Salah Kopi dan Teh




Bukan Kopi dan Teh yang bersalah...

Kopi dan Teh sudah aja sejak zaman dulu, namun bertambahnya masyarakat terkena Diabetes bukan karena mereka..

Seringkali terlalu banyak minum Kopi dan Teh dihubungkan dengan terjadinya Diabeles Mellitus atau Gula darah tinggi pada seseorang. Selain kegemukan, jarang olahraga, faktor keturunan, apakah benar terlalu banyak minum Kopi dan Teh menjadi penyebab Diabates?

Ada Benar ada Salahnya juga...

Benar, bila kita menafsirkannya minum Teh dan Kopi sebagai kegiatan sehari-hari yan dilakukan oleh Masyarakat.


Salah, jika kita teliti secara lebih rinci kandungan yang ada dalam segelas Kopi atau Teh.

Mengecek Gula darah. Sumber Gambar

Kandungan zat aktif paling berpengaruh dari Kopi dan Teh adalah Kafein. Di dalam Kopi, kafein terdapat sebanyak 95-200 mg per 237 ml. Sedangkan di dalam teh, Kafein tedapat sebanyak 14-70 mg per 237 ml (Sumber). Kafein adalah zat stimulan atau perangsang susunan saraf. Secara singkat, apabila kita meminuk Kopi atau Teh yang mengandung Kafein, tubuh kita akan terasa lebih segar, kepala akan terasa lebih ringan dan kita lebih dapat berkonsentrasi.

Namun sampai saat ini, Kafein tidak dihubungkan dengan terjadinya Diabetes. Bahkan beberapa penelitian menyebukan bahwa Kafein dapat mengurangi resiko diabates pada orang normal.

Lalu mengapa meminum segelas Kopi atau Teh dapat menyebabkan Diabetes?

Sekali lagi bukan salah Kopi atau Teh-nya, tapi GULA yang kita celupkan ke dalam gelas, itulah yang membuat penyakit Diabetes menyerang.

Bayangkan, dalam satu gelas Teh ada satu sendok gula (14gr). Dalam satu gelas Kopi terdapat dua sendok Gula (28gr). Bila kita minum satu gelas Kopi/Teh per-hari, maka akan ada 7 sendok Gula (98 gram) setiap minggunya. Hal inilah yang meningatkan resiko terjadinya Diabetes pada Orang yang meminum Kopi atau Teh secara rutin. Karena banyaknya Gula yang masuk ke dalam tubuh. Setiap butir gula yang masuk tersebut meningkatkan resiko terjadinya diabates, apalagi dengan gaya hidup masyarakat saat ini. 

Dan sebenarnya bukan hanya gula dari Kopi atau Teh saja, Gula banyak dan sangat banyak kita temui di makanan atau minuman lain. Minuman bersoda seperti yang banyak kita temukan di Minimart hampir semua mengandung gula Makanan-camilan saat ini semuanya mengandung gula, Mulai dari Donat, Jelly, Pasta, combro dan lain sebagainya.

Semua gula-gula di-ataslah yang bila kita hitung semua, akan menjadi resiko penyebab terjadinya diabetes. 

Jadi, kasihan si Teh dan Kopi karena dijadikan Kambing hitam terjadinya Diabetes :). 

Salam sehat

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes