Monday, October 10, 2016

Video Viral : Menggugat Sistem Sekolah





Beberapa saat ini sebuah Video menjadi viral di jejaring sosial. Dengan judul Menggugat Sistem Sekolah, Video ini menarik perhatian banyak orang terutama mereka yang memang cukup kritis terhadap lingkungan sekitar.

Video ini secara umum menggambarkan seorang pengacara yang menggugat sistem sekolah. Sistem sekolah dalam video ini diwakili oleh beberapa orang yang terlihat seperti Kepala sekolah dan pejabat kependidikan.

Mengajar. Sumber gambar


Menjadi hal unik dan menarik ketika pertama melihat video ini adalah dimana sistem pendidikan benar-benar digugat dan dihadapkan di sebuah persidangan lengkap dengan seorang hakim yang mengadili, saksi-saki dan bukti yang dibawa pengacara yang menuntut tersebut. Seperti misalnya dalam sebuah argumen, pengacara tersebut membawa lembar balik yang mencontohkan bahwa mobil dan telephone saat ini memiliki perbedaan yang sangat besar dibandingkan mobil dan telephone 150 tahun lalu. Mobil dan telephone mengalami perkembangan yang sangat baik. Sedangkan sistem pendidikan? dari 150 tahun lalu masih saja tergambar sebagai sebuah kelas penuh murid duduk rapi mendengarkan guru mengajar.

Apakah kau sadar berapa banyak anak-anak yang berkutat dikelas, tanpa pernah menemukan bakat mereka?

Kita lebih dalam lagi dibawa ke dalam video ini ketika argumen-argumen yang diutarakan oleh pengacara benar-benar masuk akal dan terjadi secara lazim dalam sistem pendidikann saat ini, yang mana hal ini sudah semakin ditentang dalam perkembangan sistem pendidikan baru. Seperti ilustrasi dalam video, dimana pengacara membuka gugatannya dengan membawa sebuah ikan di aquarium kecil dan berkata, Adilkah bila kita meminta ikan ini untuk dapat memanjat pohon?'. Sontak hal ini menggugah hati saya terhadap keadaan sekolah sekarang dimana para siswa memang harus dilakukan mengerjakan tugas yang sama dengan standart kelulusan yang sama. Bukankah tiap siswa memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing?


Video ini memang benar-benar layak menjadi viral dan patut kita sebarkan. Selain karena argumen yang ditawarkan masuk akal untuk kita pikirkan, tapi juga karena kualitas pembuatan yang benar-benar membuat kita kagum.

Coba saja lihat videonya di bawah ini :) 





0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes