Tuesday, October 11, 2016

Kanker masa depan Kita?





Sumber Gambar
Semakin lama populasi manusia semakin padat. Masyarakat semakin tumbuh dan berkembang. Transportasi menjadi urat nadi setiap hari. Radiasi, asap seakan menjadi menu hidangan yang mau tak mau terhirup. Makan sayur dan buah tak lagi sehat karena pestisida berlebih (pengakuan sendiri oleh petani buah pada salah satu tayangan Tv swasta).


Suatu ketika saya berbincang dengan salah sau perawat di ruang Onkologi (ruang/dept.penanganan kanker). Saya bertanya mengapa sekarang kejadian Kanker terus berkembang. Bukan hanya pada orang tua tapi juga pada anak muda. Beliau membenarkan dugaan saya bahwa memang jumlah pasien penderita Kanker terus meningkat. Saya melanjutkan pertanyaan, Kenapa semakin meningkat? Obrolan kami-pun mengalir mulai dari jumlah mobil yang semakin meningkat, polusi dimana-mana,  kebiasaan makan yang tidak sehat dan cenderung enggan-nya (atau mungkin arogan) masyarakat modern ini untuk bergaya hidup yang sehat.


Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi saya. Kanker-kah masa depan kita?


Penyesalan tak datang didepan, tapi dibelakang. Beruntunglah mereka yang telah mempersiapkan diri. Mari kita lihat fakta tentang Kanker:
  •  Menjadi salah satu pembunuh utama manusia di seluruh dunia dengan  14 Juta kasus Kanker baru tiap tahun dan 8,2 Juta kematian karenanya!.
  •  Kasus baru akan terus muncul hingga mencapai angka 70% selama 2 dekade ke depan!.
  •  Lebih dari 60% kasus baru terjadi di benua Asia dan Afrika!
  • Akan terjadi peningkatan dari 14 juta kasus, ke 22 juta kasus baru tiap tahun di dua dekade kedepan! (WHO, 2012)


Masih berkelit? Lihat sendiri di sekelilingmu sudah berapa banyak teman, keluarga atau kenalan kita yang terkena?
 
Penderita kanker. Sumber Gambar
Kanker adalah pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal. Dimana sel normal harusnya bertumbuh sesuai dengan yang dibutuhkan, tapi sel kanker tidak. Sel kanker tumbuh oleh kemauannya sendiri tanpa koordinasi dengan otak. Celakanya, dia akan terus dan terus berkembang, menghabiskan sumber energi untuk sel normal sampai tubuh penderita lemas dan mati.

Tau yang menakutkan?

Berapa banyak-kah yang bisa selamat dari kanker? Dengan kondisi lingkungan yang semakin tercemar, populasi dan lainnya, Akan-kah Kanker menjadi penyakit masa depan manusia?


WHO menyatakan sepertiga dari kematian karena kanker diakibatkan dari salah satu perilaku manusia berikut:
  1. Kegemukan,
  2. Kekurangan makan sayur dan buah,
  3. Kurang beraktivitas,
  4. Merokok
  5. Minum alkohol.

Sementara itu penyebab dari luar tubuh berupa:
  1. Karsinogen Fisik : Cahaya Ultraviolet, Radiasi Ion
  2. Karsinogen Kimia: Asbes, Asap rokok, Asap kendaraan, Makanan beracun (pestisida dll), Minuman Beracun (arsenic pada air minum).
  3. Karsinogen Biologi: Infeksi Virus

Jadi, Apa yang harus Kita lakukan?

Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus merubah gaya hidup kita! Sekali lagi Gaya hidup modern kita! Ada yang harus kita lakukan. mengubah kebiasaan tidak sehat, meraih kesehatan!.

Jangan sampai kita menangis dan menyesal karena sudah terlambat!

  • Ubah Perilaku : Hentikan merokok, jangan minum Alkohol
  • Makan minum sehat : Hentikan makan makanan tidak sehat (Goreng, pemanis, penyedap buatan dll, minuman bersoda dll). Perbanyan makan sayur dan buah yang bersih (organik)
  • Gaya hidup sehat: Olahraga, Jangan gemuk! 
  • Lindungi diri: Pakai masker saat di jalanan yang penuh asap. Tak perlu berjemur di pantai. kurangi pemakaian zat kimia (lotion, parfum dll).


Kesehatan, Rejeki memang Tuhan yang mengatur, Tetapi tetap kita memiliki peran serta. Jangan kaget anda terserang kanker karena tiap hari merokok, Jangan kaget suatu hari didiagnosis gagal ginjal akibat minum alkohol.

Marilah hilangkan pandangan belanda masih jauh. Tidak! Kanker sudah didepan mata. Mungkin bukan sekarang, mungkin bukan bulan depan. Tapi bisa jadi 10 tahun kedepan! Lihatlah di Amerika, kematian akibat kanker sudah menjadi hal umum. Dan melihat perkembangan sosial ekonomi negara kita, bukan tidak mungkin kita akan bernasib sama.

Kita pegang kendali, Mari hidup sehat.







0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes