Monday, October 17, 2016

Mengapa ‘Outbreak’ Virus menimbulkan Kepanikan luar biasa?





Virus memang sudah sejak lama ada dalam kehidupan kita tanpa kita ketahui karena belum ada yang bisa membuktikan. Penelitian pertama tenang Virus dilakukan oleh Dimitri Iwanowski pada tanaman tembakau di tahun 1892. Saat itu dia mengira tanaman tembakau itu terserang bakteri, namu setelah dilakukan beberapa percobaan, dia menyimpulkan yang menyerang pohon tembakau tersebut bukan bakteri tetapi hal lain yang disebutnya sebagai Poisoniuos Fluid, Cairan beracun. Nama inilh yang menjadi cikal bakal Virus.

Penderita Virus Zika. Sumber Gambar



Pada tahun 1981, tersebar virus yang sangat menyebar saat ini yaitu Virus HIV. Namun ketenaran virus baru benar-benar membuat perasaan mencekam pada tahun 2003 saat ditemukan Virus SARS (Severe Acute Respiratory Sindrom/ Sindrom pernafasan akut yang parah). Saat itu, semua pemberitaan media mengarah ke kejadian ini. Semua bandara dan pelabuhan dijaga ketat. Semua sumber daya kesehatan dari berbagai belahan dunia dikerahkan untuk menangani ‘outbreak’ ini.
Tercatat 8.098 orang terjangkit penyakit ini di tahun 2003, dan 774 diantaranya meninggal. Kejadian ini dilaporkan lebih dari 30 negara di 5 benua. Skala yang benar-benar besar dan penyebaran yang cepat membuat ketakutan terjadi saat itu.

Belum reda pemberitaanya, di tahun yang sama juga menyebar Virus Flu Burung (H5N1). 650 orang dilaporkan terjangkit dari 15 negara. Lagi-lagi, perhatian yang luar biasa mengarah ke kasus ini. Ketakutan kembali menyebar, akankah diri saya juga terjangkit?. Berbagai pemusnahan unggas dilakukan. Bahkan di Indonesia sendiri sempat dilakukan isolasi terhadap suspect penderita H5N1.
Belum sampai disitu ternyata varian H5N1 punya saudara, H1N1 atau disebut juga dengan Flu babi yang merebak di tahun 2009. Publik mulai dingingungkan akan varian ini karena memiliki nama yang mirip dengan virus sebelumnya. Beberapa anggapan mulai terbentuk, apakah Virus ini memang terbentuk secara alami, ataukah ada kesengajaan manusia/organisasi/pemerintah dibaliknya? Ini masih menjadi tanda tanya besar.

Perhatian publik mulai bosan dengan penyebaran virus ini, namun bukan berarti perkembangannya sendiri terhenti. Tahun 2013 dimulai kembali penyebaran secara luas (pandemic) Virus Ebola. Kejadian ini menyebabkan gangguan sosial luas di Afrika Barat.

Namu baru-baru ini Outbreak dari Virus Zika kembali melambungkan nama virus di berbagai pemberitaan dunia. Virus yang mengakibatkan kecacatan pada bayi baru lahir ini memnimbulkan kesedihan bagi kita yang embaca dan melihat foto-foto bayi tersebut.


Lalu mengapa ‘Outbreak’ Virus ini terasa sangat menghebohkan, mungkin beberapa penjelasan berikut dapat membantu
  • Mematikan
  • Ya, hal pertama yang membuat penyakit akibat Virus sangat ditakuti adalah akibat yang ditimbulkan. Selain Kematian, akibat lainnya sangat tidak enak didengar apalagi membayangkan terjadi pada diri kita. Virus SARS mengakibatkan batuk, sakit kepala, nyeri, kelemahan yang semuanya semakin bertambah parah hingga pasien meninggal. Flu burung telah membunuh jutaan unggas di seluruh dunia dan dipercaya telah menjangkit manusia. Virus zika dipercaya membuat kepala bayi mengecil (microcepali) dan kelainan otak lain pada bayi. Berbagai efek yang ditimbulkan Virus baru-baru ini terdengar sangat berbahaya hingga mematikan, hal inilah yang turut meningkatkan ketakutan dan kepanikan masyarakat.
  • Mudah menyebar
  • Beberapa serangan Virus sangat mudah menyebar. Hanya dengan ‘Close Contact’ atau berdekatan dengan pasien saja sudah dapat menyebarkan virus ini seperti pada virus SARS. Hal inilah yang membuat pemerintah harus berjaga ketat dan mengamankan seluruh bandara serta berbagai pintu masuk. Karena sekali masuk ke dalam negeri, akan sangat sulit untuk bisa mengontrol penyebarannya.
  • Sulit diobati, vaksin jalan terbaik
  • Tidak sama dengan beberapa penyakti lain seperti infeksi bakteri yang dapat dengan mudah ‘dibunuh’ menggunakan obat ‘anti-bacteri’, membunuh virus sampai saat ini masih sulit dilakukan. Hal ini dikarenakan virus adalah suatu hal yang sangat sederhana sekali, hanya merupa materi RNA/DNA saja. Yang sering dijadikan pengobatan saat ini adalah Vaksin atau sebenarnya bersifat pencegahan saja. Vaksin adalah virus yang telah dilemahkan, dengan vaksin yang lemah, sistem pertahanan tubuh akan mampu mengalahkannya. Dan hal positif lainnya adalah tubuh akan membuat anti-body, yang nanti mampu melawan saat Virus yang asli menyerang (bukan virus yang dilemahkan).
  • Sangat mudah untuk berkembang
  • Karena bahan/struktur virus hanya berupa materi RNA/DNA saja, hal ini mengakibatkan virus dapat berubah dengan cepat. Dia hanya perlu merubah materi genetiknya saja dan sudah dapat mengakibatkan gejala yang berbeda. Ibaratnya dia hanya perlu mengganti mesin mobil saja, tidak perlu mengganti ban, rangka mobil dan sebagainya, tapi dia sudah bisa melaju dengan sangat cepat.
  • Bumbu Media?
  • Ya menurut saya tidak dapat disangkal lagi, pemberitaan media yang luar biasa akan adanya outbreak virus malah membuat masyarakat menjadi takut. Belum lagi bila media tersebut hanya ingin mengejar rating, memperbesarkan masalah yang ada. Maka tak ayal lagi bukan info yang didapat masyarakat, tetapi kepanikan belaka.

Semoga dengan penjelasan diatas, dapat sedikit membuka wawasan kita akan penyebaran penyakit karena Virus.
Kita tetap perlu waspada, tetap perlu mengawasi, namun jangan panik.
Biarkan pemerintah yang menangani.


Salam sehat

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes