Sunday, February 12, 2017

Tahapan bertanam hidroponik sederhana dengan sistem botol



Sering buat pemula yang benar-benar baru belajar tidak tau bagaimana tahapan-tahapan mencoba berhidroponik dengan sistems ederhana wick botol. Beberapa teman saya yang tertarik denga hidroponik setelah saya kenalkan jga masih merasa bingung bagaimana cara atau tahap tahapannya. jadi saya mencoba menerangkan rangkaian tahapannya sejelas yang saya bisa. 

Untuk sedikit pengantar anda bisa baca disini DARIMANA MEMULAI HIDROPONIK?

OK sekarang kita akan bicara secara teknisnya. Disini saya akan bicara mengenai tanaman selada, sawi atau pakcoy dan sejenis. Bukan tomat, melon dan lainya karena tidak bisa memakai sistem wick. 
O ya, untuk alat-alat yang diutuhkan agar lebih jelas dapat dilihat disini 6 ALAT UTAMA DALAM HIDROPONIK SEDERHANA


1.Tahap pertama adalah menyemai (1-3 hari)

   Persiapan Bahan: Rockwool dan benih
   Tahapan: Potong rockwool sesuai keperluan, satu benih membutuhkan 2,5x2,5 cm. Buat tempat benih akan disemai di rockwool dengan membuat lubang pada bagian atas rockwool. Tempatkan benih satu persatu pada lubang yang sudah anda persiapkan tadi. Lubang tidak perlu terlalu dalam, cukup kira-kira 1cm saja dalamnya. Setelah semua lubang terisi, tempatkan semaian pada tempat yang gelap dan lembab, hal ini penting agar benih dapat berkecambah. Tempatkan semaian ditempat gelap sampai benih berkecambah biasanya 1-3 hari. Setelah benih berkecambah, segera pindahkan ke tempat yang terkena matahari. Biarkan tanaman masih di rockwool selama 2 minggu atau sampai tumbuh 3-4 daun sejati. Berikan nutrisi ab-mix setelah daun sejati tumbuh sehingga fotosintesis dapat dimulai.
Semaian kira-kira 1 minggu. Foto Threeya Koirulina


2. Memindahkan ke Botol (mulai hari 14-21/28

    Setelah tanaman berdaun sejati 3-4 buah, maka anda dapat memindahkannya ke botol yang telah anda siapkan. Isi nutrisi di tempatnya. Pada saat ini anda sudah mneggunakan nutrisi AB-Mix. Sesuaikan nutrisi AB-mix dengan jenis sayur. Misal selada memerlukan nurisi 500-700ppm sedangkan sawi memerlukan nutrisi hingga 1000 ppm. Tanaman berada di botol kurang lebih untuk 2-4 minggu tergantung pertumbuhan tanaman itu sendiri Intinya bila tanaman sudah terlihat besar melebihi botol maka siap dipindah. Karena bila tidak dipindah ke botol yang lebih besar, maka akar tanaman akan sulit berkembang dan daun juga sulit membesar. 




3. Memindahkan ke botol lebih besar (21 hari keatas)
     Fungsi dari pemindahan tanaman ke botol yang lebih besar agar tanaman sendiri dapat berkembang lebih lanjut. Untuk sistem dan cairan tetap sama saja. Menggunakan nutrisi abmix dan sistem wick. Hanya tempatnya saja yang lebih besar. Pemebesaran disini dilakukan hingga masa panen.




4. Panen (hari ke 45-60)
    Panen sebenarnya dapat anda lakukan kapan saja selama anda suka. tapi biasanya berkisar diantara hari 45-60 hari dengan catatan perkembangan tanaman baik, sedikit kutilang tidak apa-apa. Sebenarnya selada dapat tumbuh hingga sangat besar, namun rasanya menjadi pait. Oleh karena itu biasanya dipilih yang berukuran satu telapak tangan dewasa. 



Selada sudah bisa dipanen sebesar telapak tangan
 


  Sekian artikel kali ini, bila ada yang mau didiskusikan mari tulis dikolom komentar.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes