Wednesday, August 27, 2014

MARI BERSAMA KITA JAGA SUMBER AIR BANGSA, LANGKAH AWAL UNTUK INDONESIA SEHAT, INDONESIA HEBAT




"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia"

- Pembukaan UUD 1945 –


      Adalah sebuah penggalan dari pembukaan UUD 1945 yang sakral dan menjadi jiwa dari didirikannya negara Indonesia beserta Pemerintahannya, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan harapan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita di tanggal 17 Agustus ini, dengan menjadikan bangsa ini bangsa yang berdaulat untuk mencapai Indonesia yang lebih maju, lebih sejahtera dan menjadi ibu pertiwi bagi semua penduduknya.
Tidak mudah tentunya saat perjuangan dulu, dimana para pahlawan berkorban jiwa dan raga untuk memenangkan kemerdekaan dengan harapan mulia, cita-cita luhur untuk melihat anak cucu mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik disetiap aspek kehidupan. Tapi dalam usianya yang genap 69 tahun ini, sudahkah cita-cita luhur ini tercapai? Sudahkah rakyat merdeka dalam bidang kesehatan?.


169 Juta (56-60%) penduduk indonesia belum memiliki akses terhadap air bersih!

Hampir 100% sumber air minum di kota besar di Indonesia, tidak sehat dan tak layak minum akibat tercemar bakteri E Coli dan Coliform! 

(kabarbisnis.com)


Komitmen Indonesia Sehat dalam Kesepakatan MDG’s 2015
       Apakah arti Indonesia Sehat itu? Apa parameter rakyat bangsa ini dikatakan sehat? Indonesia telah memiliki Visi Misi Indonesia Sehat 2010 yang kemudian diubah menjadi Indonesia Sehat 2015. Dalam Indonesia Sehat 2015, lingkungan sehat yang diharapkan adalah lingkungan yang kondusif bagi terwujudnya keadaan sehat, yaitu lingkungan yang bebas dari polusi, tersedianya air bersih, sanitasi lingkungan yang memadai, perumahan dan pemukiman yang sehat, perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan, serta terwujudnya kehidupan masyarakat yang saling tolong menolong dengan memelihara nilai-nilai budaya bangsa. Perilaku masyarakat Indonesia sehat 2015 adalah perilaku proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah terjadinya resiko penyakit, melinduni diri dari ancaman penyakit serta berpartisifasi akif dalam gerakan kesehatan masyarakat (Depkes, 2009).


Komitmen Indonesia Sehat 2015 yang dibuat pemerintah ini sejalan dengan program-program pemerintah lain dalam Komitmen Millennium Development Goals atau disingkat menadi MDGs yang adalah Sebuah Deklarasi Milenium hasil kesepakatan bersama kepala negara dan perwakilan dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mulai dijalankan pada September 2000. Terdapat delapan poin tujuan target untuk dicapai pada tahun 2015 yang merupakan tantangan utama dalam pembangunan di seluruh dunia yang terurai dalam Deklarasi Milenium, dan diadopsi oleh 189 negara serta ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan pada bulan September 2000 lalu. Pemerintah Indonesia sendiri turut serta menghadiri Pertemuan Puncak Milenium di New York tersebut dan menandatangani Deklarasi Milenium itu yang mengartikan adanya komitmen dan keinginan yang jelas dari pemerintah untuk memajukan, mensejahterakan dan menyehatkan masyarakat (enda Yutari, 2005). 

Ke-delapan poin dalam MDG’s yang perlu dicapai tersebut adalah :
1   .    Memberantas Kemiskinan dan Kelaparan
2   .    Mencapai Pendidikan untuk semua
3   .    Mendorong Kesetaraan Gender dan pemberdayaan Perempuan
4   .    Menurunkan Angka kematian anak
5   .    Menurunkan 2/3 Angka kematian ibu
6   .    Memerangi HIV/AIDS, Malaria dan penyakit menular lainnya
7   .    Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup
8   .    Mengembangkan Kemitraan Global untuk pembangunan


Lalu Bagaimanakan perkembangan pencapaian MDG’s di Indonesia saat ini?
     Dari hasil pengkajian yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KemKes RI) pada tahun 2013, didapatkan data yang cukup mencengangkan dimana ternyata 5 dari 8 poin yang ada di atas berstatus merah dan dengan status sangat sulit tercapai dalam tenggat waktu hingga 2015. Berikut adalah kelima poin yang masih merah tersebut (Kemenkes RI, 2013):


    Sungguh sangat disayangkan, program yang telah berjalan mulai dari tahun 2000 tersebut, atau sudah 13 tahun berjalan, ternyata masih menunjukkan pencapaian yang tidak menggembirakan. Status merah yang disandang mengartikan masih banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah baik secara langsung maupun menggandeng berbagai pihak terkait.

     Salah satu poin merah yang sulit dicapai adalah tentang presentase jangkauan akses sumber air bersih. Jelas akses untuk air bersih ini menjadi masalah yang penting bagi bangsa ini. Sesuatu yang cukup sulit dimengerti mengingat kebutuhan akan air bersih adalah hal utama dalam kehidupan yang sehat. Air yang bersih akan menjamin kehidupan yang sehat karena didalam air yang tidak bersih terdapat berbagai jenis penyakit yang dapat diderita manusia.

    Lalu apakah kita akan berdiam diri? Tentu tidak!. Tersedianya air bersih membutuhkan kerjasama masyarakat luas. Akankah kita mendapat air bersih bila kita masih membuang sampah di sungai?. Kita juga perlu lebih sadar akan pentingnya air bersih dan terlebih lagi turut menjaga kebersihan lingkungan untuk tersedianya air bersih.

     Sebelum kita membahas tetang apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian air bersih, kita pelajari dulu tentang peran air dalam kehidupan terutama tentang air yang kita minum. Kesehatan kita dimulai dari minum air yang sehat juga.


Air sumber ‘Hidup”
     Hmm...Sudah minum air berapa gelaskah anda hari ini? dan Mengapa anda minum air? Pernahkan terpikirkan oleh anda apa guna air yang anda minum? J
     Minum Air tidak salah lagi adalah satu hal yang sangat penting bagi Manusia. Tidak hanya untuk mengatasi haus, air berperan untuk mempertahankan hidup kita. Manusia mungkin bisa bertahan beberapa hari tanpa makan, tapi manusia tidak akan tahan beberapa hari tanpa minum.

Air dalam tubuh Manusia
Faktanya, 70% tubuh kita adalah air. Ya, walau tubuh kita terlihat padat dan tediri dari otot sebenarnya sebagian besarnya adalah air yang menyusun. Jumlah total air dalam tubuh kita berkisar antara 50-70% dari berat badan kita. Jadi bila anda memiliki berat 70 Kg misalnya, maka kadar air dalam tubuh anda berkisar antara 35-50 Kg-nya adalah air. Cukup mencengangkan tapi itulah kenyataannya berdasar penelitian.
Dua per tiga air dalam tubuh kita berada dalam sel-sel tubuh sedangkan sepertiganya berada di luar seperti dalam pembuluh darah. Air yang kita minum hanya sebagian kecil saja yang benar-benar ‘dikonsumsi’ oleh tubuh, sebagian besar berfungsi sebagai media pengantar seperti untuk melarutkan makanan. 



Mengapa Air Penting? Fungsi Air Bagi Tubuh dan Kesehatan.
    Jika kadar air dalam tubuh berkurang 1 persen, maka akan timbul rasa haus dan gangguan mood; jika berkurang 2-3 persen, suhu tubuh akan meningkat, timbul rasa haus dan gangguan stamina; jika berkurang 4 persen, kemampuan fisik akan menurun hingga 25 persen; dan apabila kadar air di dalam tubuh berkurang hingga 7 persen seseorang bisa jatuh pingsan dan kita akan meninggal jika kehilangan 15 persen air dalam tubuh.
     Dari sini sudah terlihat peranan air yang sangat penting bagi tubuh bahkan sampai menimbulkan kematian jika kita kehilangan banyak air. Lalu secara lebih rinci apakah fungsi air dalam tubuh kita.

Fungsi Utama Air untuk Tubuh
        –         Pengganti Ion Tubuh
Selama aktivitas, tubuh kita mengeluarkan air melalui keringat ataupun menguap secara langsung. Pengeluaran air ini tentunya perlu diganti oleh masukan air dari luar untuk tetap menjaga keseimbangannya. Semakin kita beraktivitas berat seperti olahraga, akan semakin banyak pula air yang perlu kita minum. 
        –         Pelarut zat yang diperlukan tubuh
Seperti salah satu fungsinya sebagai pelarut dalam ilmu kimia, dalam tubuhpun juga demikian. Air melarutkan beberapa zat dan vitamin yang perlu larut terlebih dahulu untuk dapat diserap tubuh. Mungkin kita ingat saat pelajaran di SMA jika Vitamin A,D,E,K adalah vitamin yang larut dalam air.
        –         Reaksi biokimia dan metabolisme
Kita makan untuk mengasilkan energi dan untuk pertumbuhan. Tapi apakah makanan akan langsung berfungsi seperti itu? Tidak. Makanan perlu dirubah ke bentuk penyusunnya untuk dapat diubah menjadi energi atau diserap tubuh untuk pertumbuhan. Dan proses metabolisme makanan ini memerlukan air sebagai medianya dan perantaranya.
         Menjaga tekanan darah
Fungsi ini adalah salah satu fungsi penting yang diemban oleh air yang kita minum. Tekanan darah yang tentunya sudah sering kita dengar terutama bagi penderita hipertensi memainkan peran vital dalam menjaga kehidupan kita. Tekanan darah menjadi parameter utama yang harus dijaga saat kasus-kasus emergency seperti kecelakaan. Bila kadar air dalam tubuh kurang, maka volume darahpun akan turun, akhirnya tubuh menjadi lemas karena aliran darah yang membawa energi dan makanan berkurang.
         Menjaga keseimbangan tubuh
Apa yang dimaksud dengan keseimbangan tubuh? Seperti telah disebutkan diatas, air mengisi 70% isi tubuh kita. Bila keseimbangan air dalam tubuh terganggu misal kekurangan atau kelebihan maka juga akan menimbulkan efek bagi tubuh. Semisal saat kita kekurangan asupan air, maka akan timbul yang dinamakan ‘dehidrasi’. Tubuh akan bereaksi terhadap kekurangan air seperti mengaktivasi rasa haus dan mengurang pengeluaran kencing.
         Mempertahankan suhu badan
         Sebagai alat pengangkut

Jelas sekali dari paparan diatas bahwa air, terutama air yang kita minum, vital untuk tubuh manusia. Berbagai fungsi tubuh dapat terganggu bila tubuh kita tidak mendapat pasokan air yang cukup. 

Air yang secara Kesehatan baik untuk diminum.
      Kemudian bagaimanakah kita tahu bahwa air yang kita minum sehat dan baik untuk tubuh?. Penting tentunya untuk kita mengetahui ini bila kita menginginkan kesehatan dari air yang kita minum. Karena kita tinggal di Indonesia, dan kebetulan pemerintah sudah megeluarkan peraturannya, maka inilah  Standar air minum yang digunakan di Indonesia seperti yang diterangkan dalam  Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010 dan sama seperti yang digunakan oleh WHO lho teman-teman.
Air akan dianggap layak minum apabila telah memenuhi persyaratan Fisik, Mikrobiologis, Kimiawi, dan Radioaktif. Apa saja itu? Kita lihat di bawah ini.
Gunakanlah Air minum yang sehat
A.    Parameter Fisik
Syarat dari segi Fisik untuk air yang layak minum yaitu :
1.    Tidak berwarna / jernih
2.    Tidak berbau
3.    Rasa alami
Wahhh...cukup mudah ya ternyata!. Persyaratan Fisik artinya Air secara nyata yang kita lihat. Kita bisa lakukan pengecekan dengan melihat apakah airnya berwarna kekeruhan, atau warna lain yang berarti air tersebut tidak jernih dan mungkin berbahaya, Kita bisa cium baunya apakah dia berbau yang tidak sesuai dan kita bisa rasakan apakah rasanya seperti yang kita rasakan setiuap harinya. Cek ya teman-teman sekalian, jangan sampai kita minum air yang kotor dan  tidak layak konsumsi.

B.    Parameter biologis
   Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan Coliform. Jika di dalam air terdapat bakteri E.Colidalam jumlah yang sangat banyak, berarti kualitas air tersebut sangat rendah dan tercemar. Di dalam persyaratan Mikrobiologis, suatu air dapat dikatakan sebagai air minum yang layak untuk dikonsumsi, jika dalam 100 ml tidak ditemukan bakteri E.Coli serta bakteri-bakteri pathogen lainnya seperti Clostridum Perfringens, Salmonella, dll.

C. Parameter kimia
1.    TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
2.    pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
3.    Bebas zat kimia beracun
4.    Tidak mengandung logam berat
5.    Tidak mengandung pestisida

D. Tidak mengandung bahan radioaktif
       Kalau di Indonseia, kita yakin tidak ada yang tercemar radioaktif, tapi tetap saja waspada teman2 sekalian. Mungkin ada timbunan baterai atau aki bekas dapat juga membuat air tercemar secara radioaktif. Ingat Chernobyil?? Mungkin inilah maksudnya air tercemar secara radio aktif.





Kebutuhan Air Tubuh
Lalu berapakah kebutuhan tubuh kita akan air setiap harinya, sehingga kita perlu untuk memenuhinya :
Pertama kita hitung dulu pengeluaran air dari tubuh per hari.
-          Pengeluaran lewat kulit dan mulut sebagai uap air adalah 700 ml
-          Keringat yang keluar setiap hari (aktivitas normal) adalah 100 ml
-          Yang keluar melalui urin/kencing dan BAB adalah sebesar 1500 ml.
-          Jadi Total pengeluaran air dalam Tubuh sehari hari adalah 2300 ml atau 2,3 L

Jadi setiap hari tubuh kita membutuhkan air sebesar 2,3 L. Sedangkan dari tubuh sendiri melalui metabolisme tubuh telah menghasilkan air sebesar 200 ml.
Jadi, Untuk air yang diminum sehari-hari/ kebutuhan tubuh terhadap masukan air dari luar tubuh sebesar 2100 ml atau 2,1 L setiap harinya.
Bila satu gelas adalah 280-300 cc, maka kita perlu minum minimal 7-8 gelas per hari.
Perhitungan ini adalah perhitungan tanpa kegiatan berat seperti olahraga atau angkat barang yang berat dan banyak. Tentu kita membutuhkan lebih lagi air bila beraktivitas yang lebih berat.
Sudah cukupkah anda minum air hari ini?



Air dan Aktivitas Kehidupan
     Sudah sangat jelas betapa penting dan vitalnya air, terutama air yang kita minum, untuk menjaga kita tetap ‘hidup’. Tapi manfaat air untuk kehidupan jauh lebih luas dari hanya untuk minum saja. Apakah hubungan antara air dengan kehidupan manusia? Dan dengan Indonesia Sehat?
     Air sangat berkaitan erat dengan kehidupan. Dapatkah kita mencuci motor/mobil tanpa air? Sehingga kendaraan kita bisa terlihat bersih saat mengantar kita ke tempat kerja/kuliah. Banyak sekali aktivitas kehidupan kita yang membutuhkan air mulai dari kita lahir hingga dewasa ini. Kali ini saya ingin mengkategorikan manfaat air untuk kehidupan ke dalam 3 kelompok yaitu Kebutuhan Primer, Sekunder dan Tersier.
-            -    Air dan Kebutuhan Primer
Kebutuhan Primer disini adalah kebutuhan kehidupan kita yang tidak mungkin dilakukan tanpa air dan air berfungsi vital dalam kegiatan itu. Misalnya adalah memasak nasi atau sayuran dan air minum. Memberikan hidangan minuman ke tamu, mencuci pakaian, membersihkan diri atau mandi dan beragam kegiatan lainnya kita lakukan dengan bantuan air. Disinilah bila terjadi kelangkaan air akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat dan kesehatan individu masyarakat.
-           -    Air dan Kebutuhan Sekunder
Kemudian apa kebutuhan sekunder kehidupan dengan air?. Mungkin disini saya akan memberikan contoh seperti membersihkan pekarangan dengan menyiram air, mencuci motor atau kendaraan lainnya. Membersihkan berbagai perabot tumah tangga, atau bagian rumah lain. Air dalam aktivitas ini membantu kita untuk mencapai keinginan seperti terlihat bersih, memiliki taman rumah, membuat hidup kita lebih nyaman.
-              -  Air dan Kebutuhan Tersier
Yang berhubungan dengan kebutuhan tersier seperti hobi kita yang membutuhkan air seperti untuk kolam renang, akuarium atau kolam ikan kecil di samping rumah kita. Atau juga berbagai macam permainan air seperti waterboom, tembak air dan sebagainya. Semua membutuhkan air. Air dalam kebutuhan tersier ini membuat hidup kita lebih bahagia dan menyenangkan.

Poin-nya adalah air tidak akan pernah terlepaskan  dengan hidup kita baik yang bersentuhan/berakibat langsung dengan tubuh ataupun tidak. Kita hidup, tumbuh dan berkembang bersama air yang kita minum dan gunakan sehari-hari. Dengan air yang bersih, yang tidak mengandung kotoran dan berbagai jenis racun lainnya, kesehatan hidup kita juga akan terjaga karena lingkungan yang sehat. Memasak, mencuci, mandi dan hal laiinya dengan air yang bersih akan secara signifikan mencegah berbagai penyakit seperti diare, tifus, berbagai infeksi kulit, dan bahkan kanker. 


Bersama Kita Jaga, Kerjasama Multisektoral.
       Semua hal diatas adalah penting buat kita untuk mengetahuinya, namun ada hal yang lebih penting lagi pada kondisi saat ini, sekarang juga!. Yaitu mari kita menjaga kualitas kebersihan air kita!. Kita tau bagaimana kondisi lingkungan saat ini. Pembangunan dimana-mana, kerusakan lingkungan, pencemaran air, penebangan pohon, air yang semakin keruh dan berbagai pemberitaan akan kelangkaan air bersih di berbagai wilayah bangsa ini. Bagaimana mungkin kita mendapatkan air yang sehat dengan lingkungan yang kotor? Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa akses untuk air bersih masih menjadi permasalahan dasar di negeri ini. Jangan hanya kita menunggu pemerintah atau orang lain untuk bergerak sementara kita menunggu. Marilah turut serta, mari terlibat!. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga, anak dan cucu kita kelak.



"Pada Tahun 2020 diperkirakan jumlah kekurangan air bersih yang sebegitu 
besarnya akan sama jumlahnya dengan air yang dikonsumsi saat ini"
(California deparment resources dalam Wikipedia, 2014)




Kemudian bagiamana cara yang efektif agar sungai kembali bersih? Agar sumber mata air kembali murni dan sehat untuk digunakan?. Kerjsama multisektor dari setiap lapisan negara ini diperluakan untuk menjamin keberhasilan program-program pelestarian dan penjernihan air. 

Apa yang dimaksud dengan kerjasama multisektor?
Kerjasama Multisektor adalah kerjasama dari berbagai sektor yang ada, seperti individu, komunitas dan pemerintah, yang mana terkoordinasi dengan baik. Berbeda dengan kondisi saat ini dimana semuanya sepertinya berjalan secara sendiri-sendiri dan tidak terkoordinasi sehingga capaian yang didapatkan tidak maksimal.
Filosofi dari Kerjasama multisektor ini adalah kegiatan yang dimulai dari tingkatan paling kecil yaitu individu dan keluarga, kemudian semakin membesar, semakin meningkat hingga level pemerintah dan internasional yang terkoordinasi dengan baik. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di tiap sektor/level akan berfokus pada usaha Recovery, Rehabilitation, Conservation, dan Wise use.

1. Pada tingkatan individu dan Keluarga, beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan sejak saat ini seperti :
-    Jangan buang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan tentu akan berpengaruh kepada kualitas air karena di bawah tanah tempat kita membuang sampah terdapat sumber air yang kita perlukan. Terlebih bila kita membuang sampah di sungai. Sungai-sungai yang berhubungan satu dengan lainnya akhirnya akan mencemari sumber air yang digunakan oleh PDAM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
-      Hargai air yang kita miliki. Cara kita menghargai yaitu dengan menghemat penggunaan air di rumah kita, memanfaatkan sumber-seumber air yang ada seperti air hujan untuk menyiram tanaman atau membersihkan halaman, dan juga bersihkan tempat penampungan air kita secara rutin agar terhindar dari kotoran.  

-          Tanam tumbuhan di lahan kosong sekitar rumah. Tanaman diketahui dapat menjadi menjaga kelestarian air karena perannya dalam hirdologi. Penanaman tumbuhan secara lebih luas dapat menyelamatkan lingkungan dari polusi berlebih, menjaga keseimbangan lingkungan dan daya guna lainnya. Mulailah dari tanaman kecil seperti tanaman bunga, pohon mangga atau sejenisnya.
-          Hematlah penggunaan energi listrik. Listrik menggunakan sumber daya alam untuk dihasilkan energi listrik. Semakin besar penggunaan listrik, semakin besar pula kerusakan alam yang akan terjadi yang akhirnya memusnahkan sumber air sendiri. Gunakanlah energi listrik secara bijak.
-          Jagalah Lingkungan :  Pengolahan limbah atau sampah rumah tangga yang benar akan sangat bermnfaat untuk lingkungan kita. Jangan buang sampah di belakang rumah tapi kumpulkanlah sampah dan buang ke tempat sampah di tingkat RT atau sejenisnya. Hal lainnya adalah dengan mengurangi limbah rumah tangga seperti membawa tas/tempat sendiri untuk berbelanja sehingga mengurangi pemakaian kantong plastik.
-          Membuat sumur sendiri : Bila dimungkinkan, buatlah sumur sendiri dirumah sehingga kita tidak selalu bergantung dan membebani PDAM. PDAM biasanya menggunakan satu atau beberapa sumber air untuk melayani masyarakat padahal negara kita tidak kekurangan sumber air. Membagi kebutuhan sesuai dengan sumber yang tersedia akan turut menjaga kelestariannya.
    Hal Hal Kreatif  seperti membuat berbagai kerajinan dari botol bekas aqua. Daripada dibuang dan tidak bermanfaat, Botol bekas bisa dijadikan bermacam kerajinan seperti tempat pensil, hiasan berbentuk bunga atau bahkan tempat untuk menanam tanaman :). 


2. Pada Tingkatan Komunitas atau Organisasi masyarakat dapat dilakukan hal berikut :
-      -   Sosialisasi penyadaran tentang pentingnya lingkungan sehat untuk menjaga kelestarian air. Sosialisasi bisa dilakukan seperti untuk para petani agar tidak menggunakan pestisida berlebihan. Bahan kimia yang masuk dalam tanah akhirnya juga dapat mencemari air dalam tanah. 
-       -   Kampanye air bersih untuk meningakatkan partisipasi masyarakat. Seperti pada acara ibu-ibu PKK dapat dibuatkan acara untuk pelestarian air dan lingkungan. 
-  - Penggalangan Hari nasional air bersih, dimana pada hari itu masyarakat diajak untuk turut    melestarikan air melalui pelestarian lingkungan.
-   - Pengolahan limbah. Pada tempat yang belum ada manajemen pembuangan sampah, ada baiknya untuk bersama membuat tempat pembuangan sampah aplagi yang bisa menghasilkan pupuk.
- - Menggalakkan program-program Pro-Lingkungan seperti Program Aqua Lestari. Program ini adalah cermin dari Komitmen Aqua Group untuk melestarikan lingkungan. Visi yang dibawa adalah Indonesia yang lebih sehat yang direalisasikan melalui banyak program, salah satuny adalah akses air bersih dan penyehatan lingkungan.


Program Pro-Lingkungan dari Aqua Group : Gerakan Kita untuk Indonesia
Sumber Gambar : www.aqua.com

Contoh nyata Program Pro-Lingkungan : Konservasi AQUA di TNGHS sebagai bagian dari Program AQUA lestari untuk pelestarian air dan lingkungan
Sumber Gambar : www.aqua.com

-  - Melakukan Penelitian inovatif di bidang lingkungan dan air seperti yang dilakukan oleh adinda alifiansi candra dewi semarang. Adinda melakukan penelitian dengan menggunakan biji kelor dan ditemukan bahwa dengan serbuk biji kelor sebanyak 30 mg dapat menjernihkan satu liter air (Kompas.com, 2014).


Adinda dan percobaannya. Sumber gambar : www.majalahkita.info
-

3. Sedangkan untuk Level Pemerintahan dan Global dapat dilakukan :
- - Kewenangan utama pemerintah adalah untuk membuat peraturan. Maka seyogyanya bersama dengan DPR Pemerintah membuat UU yang tegas dan nyata untuk pelestarian lingkungan dan air.
-   - Pelaksanaan peraturan yang bersih dan profesional : seperti menindak tegas pabrik yang mencemari lingkungan dan pertambangan yang merusak sumber air. Peraturan mungkin sudah ada dan jelas, tapi bila tidak dilakukan akan sama saja percuma.
-   -  Intensif dan penghargaan. Seperti penghargaan Kalpataru dan sejenisnya harus lebih ditingkatkan, bukan hanya kepada daerah tapi juga kepada komunitas, organisasi atau individu.
-   -  Pembuatan danau2 konservasi air, rehabilitasi bendungan yang ada.
-  - Penyehatan dan  peningkatan profesionalitas PDAM sebagai badan otoritas penyedia air bersih untuk masyarakat.
-    -   Kampanya global penyelamatan lingkungan dan pelestarian air.


Pada Akhirnya, diharapkan usaha usaha yang telah dilakukan pada tiap level yang terkoordinasi dengan baik akan dapat menghasilkan hasil yang 'sinkron' antara satu dengan lainnya. Hasil yang saling mendukung antara satu dengan yang lainnya dan sesuai dengan pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit :) yang berfokus kepada :
- Recovery Rehabilitasi : Perbaikan lingkungan yang telah rusak akibat penebangan liar dan lain2, kembali jernihnya sumber-sumber air dan juga sungai serta berbagai kondisi lain yang telah rusak atau dibawah standart.
- Konservasi : Timbulnya kesadaran semua kalangan untuk menjaga kelestarian air dan lingkungan dalam tindakan sehari-hari
- Wise use  : Penghargaan terhadap lingkungan dan air dengan penggunaan yang hemat dan bijaksana.


Sudah tidak sabar untuk memulai? Ayo kita bisa
Untuk Indonesia Sehat
1. Cek Kualitas Air, baik untuk minum atau kegiatan sehari-hari

2. Cek Kadaluarsa Air minum kita

3. Selalu bawa Air kemana saja

4. Tutup rapat tempat penampungan air-mu

5. Sosialisasi Cuci tangan sehat dengan air bersih. Sangat menyenangkan belajar bersama anak anak dan melakukan hal yang positif untuk Indonesia Sehat. Dokumentasi saat program profesi kesehatan di sebuah sekolah SD.

Menggunakan air keran yang dimasukkan botol bekas
untuk cuci tangan sehat.

6. Penyuluhan kepada masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Saat ada kesempatan dalam acara Ibu PKK, kamu melakukan penyuluhan dengan harapan dapat diterapkan langsung di rumah.


Untuk Lestarikan Air dan Lingkungan
1. Manfaatkan botol bekas

2. Menanam tanaman di pekarangan

3. Hemat Penggunaan Air

4. Bawa Tas sendiri saat belanja

5. Manfaatkan barang bekas lain

6. Manfaatkan air hujan


Indonesia sehat, Indonesia Hebat
Akses ke sumber air bersih memang masih mendapatkan skor merah dalam program MDG’s. Tapi kita masih yakin bahwa rakyat indonesia kelak secara keseluruhan dapat mengakses sumber air bersih dengan mudah karena negara kita bukanlah negara dengan sumber air yang kurang.
Sesuai dengan Visi Indonesia Sehat 2015 yaitu dimana masyarakat turut serta aktif untuk menjaga kesehatannya, maka dengan usaha bersama semua lapisan dimulai dari masyarakat sendiri, komunitas hingga usaha aktif pemerintah, kita yakin cita-cita kemerdekaan di segala bidang terutama dalam bidang Kesehatan yang salah satunya adalah ketersediaan air bersih akan dapat tercapai.
Bila masyarakat sehat, pekerja dapat bekerja dengan baik untuk mendapatkan penghasilan yang cukup dan menggerakkan roda perekonomian bangsa, anak-anak dapat sekolah dan menjadi masa depan yang lebih cerah, peneliti dan birokrasi pemerintah dapat bekerja dengan baik untuk memajukan bangsa.




Kehebatan sebuah bangsa sesungguhnya bukan dilihat dari pencapaian negaranya, tapi dari kualitas setiap insan penduduknya.



"Mari Kita jaga bersama, mulai dari diri Kita, Indonesia Bisa!"


Terimakasih dan semoga bermanfaat.





Daftar pustaka :

Kemkes RI, 2013. Upaya Percepatan Pencapaian Rpjmn 2014 Dan Mdgs 2015 Kementerian Kesehatan Ri.
Depkes, 2009. Visi dan Misi Indonesia Sehat 2015.
Enda Yutari, 2005. MDG's Indonesia Sehat 2015. 
Kuliah Metabolisme Air dari dr. Sri Hidayati, S.Ms

- http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_air
- http://en.wikipedia.org/wiki/Water_scarcity
- http://nuryantinoviana.wordpress.com/2010/04/24/masalah-air/
http://www.kabarbisnis.com/umum/2820036169_juta_rakyat_Indonesia_belum_nikmati_air_bersih.html
http://regional.kompas.com/read/2014/08/26/12301401/Setahun.Meneliti.Biji.Kelor.Adinda.Raih.Medali.Emas.di.Taiwan

Foto : Dokumentasi Pribadi, www.aqua.com dan Photobucket.com 

Terimaksih kpada teman2 smua untuk momen kebersamaan Profesi di SD Karangwidoro

14 komentar:

maschun said...

artikle yang mendukung gan, semoag sukses selalu

antok said...

Trims gan, sukses juga

Unknown said...

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya mas. Tulisannya sangat kritis sekli. ide nya menarik. semoga sukses. aamiin...

antok said...

sama,sama mas dhani terimakasih kembali semoga sukses

Unknown said...

mantab artikelnya..semoga sukses..
http://ahmadsae.blogdetik.com/2014/08/20/menanggulangi-krisis-air-bersih-untuk-indonesia-yang-lebih-sehat/

Yuniari Nukti said...

Keren artikelnya :)

antok said...

Trimaksih mas ahmad, smoga sukses juga :)

Trimakasih Yuniari :)

oRiN said...

mantap sekali ulasannya... senyumnya juga manis-manis, sehat-sehat nih pastinya :)

antok said...

Trimaksih banyak mba orin, pasti sehat semua :)

Anonymous said...

Artikel yang sangat menarik sekali... bisa ditambahkan ndak tentang air kemasan isi ulang, soalnya kalo dilihat dr fisik oke lah, tapi secara biologis masi perlu dipertanyakan. trimakasih. sukses trus Agustinus... :)

antok said...

Trimakasih untuk masukkannya, kalau dari sisi biologis, saya yakin merek terkenal seperti aqua pastinya memiliki sistem uji kualits yang bagus sebelum dikirimkan ke klien supaya produk yang kita minum sehat dan berkualitas :). Trimaksih

andy said...

bagus mas dan bermanfaat, semoga sukses

antok said...

Terimakash mas andy, sukses juga

Pena said...

Terimakasih mas, semoga sukses

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes