Monday, August 11, 2014

Optimiskah MDG's 2015 tercapai?




Millennium Development Goals

Millennium Development Goals atau MDGs adalah Deklarasi Milenium hasil kesepakatan kepala negara dan perwakilan dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang mulai dijalankan pada September 2000, berupa delapan butir tujuan untuk dicapai pada tahun 2015. Targetnya adalah tercapai kesejahteraan rakyat dan pembangunan masyarakat pada 2015.

Target ini merupakan tantangan utama dalam pembangunan di seluruh dunia yang terurai dalam Deklarasi Milenium, dan diadopsi oleh 189 negara serta ditandatangani oleh 147 kepala pemerintahan dan kepala negara pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium di New York pada bulan September 2000 tersebut. Pemerintah Indonesia turut menghadiri Pertemuan Puncak Milenium di New York tersebut dan menandatangani Deklarasi Milenium itu.


Pemerintah mendorong segala permasalahan dan langkah strategis dalam upaya percepatan pencapaian Milenium Development Goals (MDGs) atau Pembangunan Milenium sebelum berakhir di 2015 dapat ditangani bersama dari sektor Pusat dan Daerah. Sehingga target yang diharapkan dapat tercapai sesuai target RPJMN 2010-2014 dan MDGs.


Pokok-Pokok MDGs

     

MDG’s adalah jembatan yang dapat membawa negeri ini ke kondisi yang lebih baik. Program-program yang terdapat di dalamnya merupakan permasalahan dasar yang terjadi seringkali di negara berkembang dan lebih rendah. Bila masalah-masalah ini teratasi, masyarakat akan dapat hidup sehat dan lebih sejahtera. Lingkungan menjdi lebih sehat, dan kemiskinan akan jauh berkurang. Oleh karena itulah upaya untuk mensukseskan MDG’s ini akan dapat turut serta membawa negeri ini lebih baik. Tahun 2015 adalah deadline akhir dari program MDGs (Millenium Development Goals), yang merupakan hasil kesepakatan 189 negara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2000.
 Indonesia adalah salah satu negara yang ikut menandatangani kesepakatan tersebut saat acara Konfrensi Tingkat Tinggi Millenium di New York. Kesepakatan itu berisi tentang komitmen anggota PBB dalam menanggulangi kemiskinan, mencapai pendidikan dasar bagi semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi penyakit menular (HIV, Malaria, dan lain-lain), menjaga kelestarian lingkungan, serta mengembangkan kemitraan global.

Pokok MDGs ke-7 : Menjaga Kelestarian Lingkungan 

Salah satu pokok dalam program MDG’s ini adalah tentang kelestarian Lingkungan. Lingkungan tempat kita berada adalah hal vital untuk manusia. Lingkunganlah yang dapat memberikan kesehatan tau sebaliknya memberikan penyakit untuk manusia. Dengan lingkungan yang sehat, masyarakat akan menjadi sehat pula dan dapat bekerja untuk kehidupan keluarga.

Tujuan Pembangunan Milenium (Millenium Development Goals/MDGs) yang ke-7 adalah:
-  Memastikan kelestarian lingkungan hidup.
-  Mengurangi setengah proporsi penduduk dunia yang tidak memiliki akses air minum yang bersih dan      kesehatan yang baik.
-  Mengurangi dampak semakin hilangnya keanekaragaman hayati (biodiversity).


Ketidaktercapaian Target MDG's

Hanya saja, sampai saat ini dengan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, masih terdapat beberapa poin penting yang belum dapat dicapai. Poin penting yang belum tercapai yaitu :



Seberapa Optimiskah Kita?

Hanya ada satu tahun setengah lagi waktu tersisa untuk mencapai target MDG's. Dengan melihat kondisi bangsa saat ini, sepertinya masih sulit untuk Indonesia dapat mencapai target yang diinginkan sesuai ketentuan MDG's

Hal ini tentunya akan menjadi tugas dan capaian yang harus dikejar dalam pemerintahan berikutnya. Dan semoga dengan pemerintahan yang baru nantinya, program program MDG's yang sebenarnya berfungsi untuk mensejahterakan rakyat akan terus ditingkatkan.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes