Monday, January 23, 2017

6 Alasan untuk Tertarik dengan Hidroponik





Mengapa tertarik dengan Hidroponik?

Mereka yang tertarik dengan Hdroponik biasanya memiliki beberapa alasan atau kesukaan terhadap hidroponik. Banyak hal yang bisa memicu ketertarikan terhadap Hidroponik, dimulai dari pemberitaan media yang semakin meluas, penggunaan sistem hidroponik yang mudah dan tidak perlu tanah, atau bahkan tertarik karena melihat indahnya deretan selada segar berbaris rapi dan indah.

Buat saya?


    1. Hidroponik itu Indah
    • Bayangkan deretan tanaman hijau nan segar berbaris rapi menyapamu. Melihatnya seakan melihat keindahan alam seperti saat liburan. Tak penat hati ini melihatnya berlama lama. Sayang untuk dipanen, namun pastinya menyehatkan.
    • Hidroponik. Sumber

    • Saya suka dengan keindahan alam. Apalagi melihat hamparan padi luas yang segar berawarna hijau, atau perkebunan yang tertata rapi membuat hati senang. Begitu pula saat melihat deretan sayur selada yang begitu mempesona. Ciamikkkk...juann pengen nandur hidroponik!!
        




       2. Hidroponik itu Sehat
    • Salah satu tujuan penanaman dengan hidroponik adalah untuk mendapatkan sayuran yang bebas pestisida, fungisida, germisida dan bahan-bahan aktif kimia lainnya yang saat ini sering terdapat pada budidaya secara tradisional. Bayangkan begitu banyak bahan kimia yang digunakan akan masuk kedalam tubuh manusia. Secara medis, bahan-bahan ini bisa menjadi agen carcinogen. Yaitu agen-agen yang dapat menyebabkan terjadinya kanker. Silahkan baca disini


    • Saat ini kesehatan sudah menjadi kebutuhan utama manusia. terlebih lagi di indonesia yang sudah menjadi negara berkembang dengan tingkat pendapatan yang meningkat. Kecukupan Makan bukanlah hal yang sulit lagi bagi sebagian besar masyarakat (bila dibandingkan 30-50 tahun lalu). Kesehatan makanan seudah seharusnya menjadi perhatian kita.
    • Saya pribadi mendalami hidroponik dengan harapan dapat memanen sayur segar dan sehat setiap harinya paling tidak untuk keluarga saya sendiri. Sehingga secara tidak langsung saya ikut memberikan 'kesehatan' kepada keluarga.



      3.Hidroponik itu Mudah

  • Menjadi petani itu susah, sukar, kotor. Mungkin itulah yang sering tercetus saat melihat kondisi petani. Berangkat pagi sebelum matahari bersinar panas, membawa cangkul dan bekal, bekerja panas-panas hingga sore hari, baru pulang. Dengan hidroponik kita tidak perlu lagi bersusah-susah seperti itu. Kita tidak perlu membawa cangkul, apalagi membajak tanah. Kita tidak perlu harus ke sawah atau ladang, cukup dipekarangan rumah saja. 
  • Hidroponik menjadi mudah karena kebutuhannya yang simple saja, dan seringkali dapat memanfaatkan barang bekas seperti botol bekas. Hidroponik intinya hanya memanfaatkan air yang diberi nutrisi untuk menumbuh-kembangkan sayuran yang kita tanam.




  • Memang ada kelemahannya yaitu menjadi lebih mahal bila dibandingkan dengan penanaman pada tanah karena membutuhan lebih banyak peralatan. Tapi semuanya dapat sekali disesuaikan dengan budget anda. Bila anda ibu rumah tangga, maka dapat menggunakan alat2 bekas dirumah saja seperti tempat kue atau botol bekas.
            


     4. Hidroponik itu Minat
  • Ya, hidroponik itu sama dengan pertanian lainnya, membutuhkan minat untuk menekuninya. Mereka yang tidak suka bercocok tanam, sulit untuk bisa berhasil. Misalnya bila tanaman tidak dipelihara, dikasih air, dijaga dari hewan/hama, dipanaskan dibawah sinar matahari, maka kecil kemungkinan tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik.
  • Mereka yang memang hobi di lain temapt seperti fashion, atau hewan, atau game tidak akan memliki motivasi dan keinginan kuat untuk merawat tanaman yang telah disemai.


      5.Hidroponik itu Keren
  • Kerennya hidroponik itu karena hidroponik dikenal sebagai pertanian yang modern. Tidak hanya sekedar menanam namun juga menghitung nutrisi, bisa memodifikasi hasil panen sesuai yang diinginkan.
  • Misalnya video dibawah ini adalah penelitian hidroponik terbaru dari Philips dengan menggunakan cahaya LED. Tanaman ditempatkan didalam ruangan tertutup sehingga bebas hama. Mereka dapat merubah intentitas cahaya untuk merubah hasil panen sesuai yang diinginkan.

  • Untuk video dobawah adalah Video Hidroponik Tomat terbagus di Amerika. 


  • Sedangkan yang ini adalah bagaimana memanfaatkan lahan sempit di Singapura untuk menghasilkan sayuran yang sehat dan berkualitas



        6.Hidroponik itu bisa jadi Bisnis kita
  • Ya, bisnis hidroponik sedag menggeliat saat ini. Masyarakat semakin paham akan kebutuhan makanan yang sehat. 
  • Sepeti yang pernah saya dengar, ada 3 macam bisnis yang tidak akan pernah mati yaitu bisnis pada hal pangan (makanan), sandang (pakaian) dan papan (rumah).
  • Populasi dunia semakin meningkat, sementara petani dan lahan pertanian semakin sedikit.
  • Bisnis hidroponik tidak hanya pada penanaman saja, tapi bisa juga pada bagian benih, peralatan, edukasi dan lain-lain.




Jadi ini alasanku tertarik dengan Hidroponik, apa alasanmu?

1 komentar:

Usaha Hidroponik Rumahan said...

Wah keren kayanya bisnis ini, boleh dicoba mungkin

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes