Sunday, January 29, 2017

Nutrisi AB-Mix untuk Hidroponik




    Jadi inilah salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang awam saat mengetahui bahwa hidroponik menggunakan air. Bisa tah kalau pakai air saja?. Tentunya tidak bisa. Kita tidak menanam tanaman hidroponik hanya dengan media air saja. Air hanyalah sebagai pengantara saja, tetap diperlukan nutrisi untuk tumbuhan tersebut dapat tumbuh dan berkembang.

Nutrisi AB-Mix dalam bentuk cair.


Secara garis besar ada 2 Komponen nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan yaitu makronutrient dan Mikronutrient. 

Unsur Makronutrient :  Mengandung unsur-unsur  Nitrogen (N), Phospat (P), Kalium (K), Calcium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S).
Unsur Mikronutrient: Mengandung unsur-unsurBesi (Fe), Mangan (Mn), Zinc (Zn), Boron (B), Clor (Cl), Molibdenum (Mo)



    Secara sederhana, semua nutrisi tersebut sudah ada di dalam paket AB-Mix yang kita beli. Kecuali kita ingin memodifikasi nutrisi yang kita berikan (pada pehidroponik tingkat tinggi), maka cukup kita memberikan yang ada dalam nutrisi AB-Mix sesuai aturan.
    
    Kenapa harus dibedakan menjadi dua botol? kenapa tidak satu saja?. Hal ini dikarenakan ada bahan yang terdapat dalam botol a dan b yang bila mencampur akan mengakibatkan reaksi. Reaksi ini akan mengakibatkan kandungan nutrisi menjadi berubah. Sehingga cairan a atau b harus dilarutkan ke air dahulu baru kemudian ditambahkan cairan pelengkapnya (a atau b). Misal anda campur dulu 5ml cairan B kedalam 1 liter air, larutkan. Stelah itu baru tambahkan 5ml cairan A.

    Ada dua jenis Nutrisi AB-Mix dipasaran yaitu yang dalam bentuk cairan seperti diatas, dan dalam bentuk padatan seperti gambar dibawah

Nutrisi AB-Mix dalam padatan
    Untuk lebih mudah maka pehidroponik pemula biasanya menggunakan nutrisi AB-mix cair. Caranya mudah saja untuk membuat larutannya. Tinggal tambahkan 5ml (satu tutup botol tersebut) larutan B kedalam 1 liter air. Aduk rata sebentar, kemudian tambahkan 5ml larutan A. Yang penting jangan campur larutan A dan B secara langsung.

   Simpanlah Nutrisi AB-Mix ini ditempat yang teduh tidak terkena matahari langsung, karena bila terkena matahari langsung, maka cairan akan dapat berlumut atau rusak. Untuk harga, Nutrisi yang ada dalam foto paling atas (dari HIMA-Mix) harganya 20 rbu satu paket untuk nutrisi sayuran dan 25 rbu untuk nutrisi buah. Dari keterangannya, satu paket tersebut dapat dipakai untuk 100 liter dengan 1000ppm. Cairan yang telah dicampur tadi dapat langsung dipakai untuk tumbuhan. 

   Bila anda memakai sistem wick (botol) dapat anda langsung masukkan ke dalam botol. Namun perhatikan PPM yang direkomendasikan untuk masing-masing tanaman. Untuk selada biasanya berkisar antara 500-700 ppm. Sehingga saya tidak menuangkan satu tutup botol penuh nutrisi, namun agag kurang sedikit ke dalam 1 liter air. 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes